Dua Resep Sambal Pilihan Bagi Para Penggemar Selera Pedas

Sambal biasa disajikan sebagai makanan pelengkap di Indonesia. Foto: Canva

kuliner

Dua Resep Sambal Pilihan Bagi Para Penggemar Selera Pedas

Selasa, 30 Maret 2021 11:44 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang tidak suka sambal? Banyak orang menyukai sambal dan hidangan berbahan dasar sambal. Bahkan, lantaran banyak yang menyukai banyak yang bilang kalau makan tanpa sambal rasanya hambar.

Menariknya, Indonesia memiliki jenis sambal yang beraneka ragam. Jadi meskipun bahan utama dari sambal adalah cabai dan cita rasa yang dominan pedas, tetapi bisa diolah dengan berbagai cara sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Selaras dengan kebutuhan dan sajian sambal yang menjadi favorit keluarga di rumah PR Ajinomoto Indonesia telah meluncurkan varian produk terbarunya yaitu “Piliplus” (spicy enhancer seasoning / bumbu peningkat rasa pedas) untuk memenuhi kebutuhan pasar industri makanan di Indonesia dan memberikan solusi terbaik serta banyak manfaat bagi pelanggan.

Brand Manager Industry Dept PT Ajinomoto Indonesia Toni Iskandar mengatakan Piliplus dibuat dari bahan unik dan spesial, serta teknologi dari Jepang lalu ditambah perpaduan tepat bumbu-bumbu lainnya (bawang merah, bawang putih, bawang bombay, garam, gula, penguat rasa, dll).

"Sehingga dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan rasa pedas, menurunkan biaya produksi/mengurangi pemakaian cabai segar sampai dengan 30 persen, memperbaiki kualitas, menjaga keseimbangan rasa pedas, dan menjaga kestabilan harga," ucapnya melalui siaran pers, Jumat 26 Maret 2021.

Baca: 5 Resep Sambal, Cocolan Makanan Khas Nusantara untuk Kamu Penggemar Pedas

Menurut Toni dari tahun ke tahun, pasar produsen olahan cabai atau sambal di Indonesia cukup besar, namun harga, pasokan, dan kualitas cabai segar sangat tidak stabil, sehingga para produsen saus cabai, olahan sambal, dan produk makanan pedas lainnya yang mengandung cabai cukup terkena dampak dari segi keuntungan mereka.

Berikut dua resep aneka olahan sambal yang bisa Anda coba persembahan dari Ajinomoto:

1. Telor Ceplok Sambal Tomat

Bahan Bahan:

6 buah telur ceplok2 sendok makan Petai1 sendok teh penyedap rasa1 sendok teh garam2 lembar daun jeruk3 sendok makan minyak goreng

Bumbu halus:2 buah cabai merah besar3 siung bawang putih5 siung bawang merah 2 buah tomat100 ml air

Cara Membuat:Bumbu halus: masukkan cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, tomat, air, lalu haluskan.

Langkah 2Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus, daun jeruk, petai, telur ceplok, lalu masak hingga berubah warna.

Langkah 3Masukkan garam, penyedap rasa, aduk rata, masak hingga harum. Pastikan mengaduk perlahan agar telur tidak hancur.

2. Sambal Udang

Bahan Bahan- 200 gr udang- 25 gr petai- 2 bh cabai merah besar- 3 siung bawang merah- 2 siung bawang putih- 1 lbr daun salam- 1 ruas laos- ½ sendok teh garam- 1 sendok teh penyedap rasa- 5 sendok makan minyak goreng- 30 ml air

Cara Membuat:Bumbu halus: masukkan cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, air, haluskan.

Langkah 2Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus, daun salam, laos, petai, udang, masak hingga berubah warna.

Langkah 3Masukkan garam, penyedap rasa, aduk rata, masak hingga matang.