Rehearsel Grand Final Miss Universe 2020, Ayu Maulida Bergaya Edgy dengan Outer

Penampilan Ayu Maulida saa rehearsel Grand Final Miss Universe 2020 di Amerika Serikat. Instagram/@officialputeriindonesia

mode

Rehearsel Grand Final Miss Universe 2020, Ayu Maulida Bergaya Edgy dengan Outer

Minggu, 16 Mei 2021 10:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Raden Roro Ayu Maulida Putri atau Ayu Maulida kerap membagikan penampilannya saat menjalani aktivitas rangkaian menuju pemilihan Miss Universe 2020 di Florida, Amerika Serikat. Melalui unggahan Instagram Puteri Indonesia, kita bisa menyimak ragam busana Puteri Indonesia 2020 asal Jawa Timur ini yang dirancang para desainer lokal. Salah satunya busana rancangan Priyo Oktaviano yang dipakai Ayu Maulida saat rehearsel Grand Final Miss Universe 2020. 

"Rehearsel Time for Grand Final Miss Universe 2020!" bunyi keterangan itu disertai foto Ayu Maulida di atas panggung dengan latar belakang logo Miss Universe.

Ayu tampak mengenakan gaun hitam di atas lutut yang dipadu dengan outer atau luaran etnik berlengan panjang. Outer motif etnik itu terdiri dari warna emas, merah, dan hitam. Ayuma sapaan akrabnya memilih sneakers hitam sebagai alas kakinya.

Ia melengkapi penampilannya dengan anting hoop keemasan dan gelang yang dihiasi batu warna-warni. Rambutnya yang panjang ditata ala bun ke atas. Tak lupa, ia memakai kacamata hitam dan masker hitam.

Sebelum unggahan busana rancangan Priyo, Ayuma sapaan tampil elegan dengan gaun hijau zamrud dihiasi kristal swarovski di sesi gaun malam Miss Universe 2020. Gaun tanpa lengan berdetail kerah V rendah dan high slit atau belahan paha tinggi itu merupakan rancangan Diana Putri dari Diana Couture.

Dalam unggahan Instagram-nya, Ayuma menjelaskan makna gaun yang berkaitan erat dengan alam Indonesia. Gaun ini mewakili kekuatan dan keindahan di balik hutan hujan kita. Kemegahan warna hijau zamrud dipilih untuk mewakili kekayaan sumber daya alam dan hutan hujan Indonesia. Emas melambangkan kekuasaan.

"Kekuatan dalam pengetahuan untuk melestarikan masa depan kita, serta kekuatan dalam melestarikan anugerah bumi dan dengan bijak untuk menciptakan alam dunia yang lebih baik bagi dunia," tulis Ayu Maulida di Instagram pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Tak hanya memukau di sesi gaun malam, Ayuma juga mencuri perhatian saat memakai kostum komodo di sesi kostum nasional Miss Universe 2020. Kostum nasional ini merupakan hasil kolaborasi antara desainer Diana M Putri dari Diana Couture serta desainer aksesori Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design. 

Baca juga: Ayu Maulida Tampilkan Kostum Komodo di Miss Universe, Bisa Nyala dalam Gelap

Sang desainer, Diana memakai dasar gaun sequin tiga dimensi warna hitam dan emas untuk menciptakan efek mewah, penuh teka-teki, dan liar yang menyerupai Komodo. Potongan tiga dimensi di bagian dada dan ekor yang dramatis dibuat dengan pemotongan las kulit dan diwarnai dengan metode khusus agar menyerupai kulit kadal terberat di bumi ini.

Sementara, Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design memilih tiga jenis logam berbeda yang dileburkan menjadi satu, sehingga menghasilkan lebih dari 5000 keping dengan berat sekitar 20 kilogram. Warna logam yang dihasilkan terdiri dari rustic gold, copper/bronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombré pada gaun tersebut.

Semua proses kepingan logam pada gaun model high slit itu dijahit dengan tangan. Di bagian kalung dan sarung tangan terdapat lampu merah yang menyala dibuat dengan pengontrol LED. Selain proses penjahitan yang cukup rumit pada gaun, pembuatan aksesori kepala yang menyerupai kepala komodo juga kompleks karena menggunakan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik, dan mikrokontroler.

Ayu Maulida telah tiba di Florida, Amerika Serikat sejak Jumat, 7 Mei 2021 untuk menjalani karantina. Pada perhelatan Miss Universe ke-69 ini, ada 74 perwakilan negara yang ikut terlibat. Malam Puncak Miss Universe 2020 akan digelar pada Minggu, 16 Mei 2021 pukul 20.00 waktu setempat atau Senin, 17 Mei 2021 waktu Indonesia dan disiarkan langsung di kanal YouTube resmi Miss Universe.

Baca juga: Rahasia Sukses Ayu Maulida Meraih Mahkota Putri Indonesia 2020

SILVY RIANA PUTRI | MITRA TARIGAN