Manfaat Masker Putih Telur untuk Rambut

Hindari produk perawatan rambut yang berbahan keras agar rambut tidak rusak. (Pexels/Chermiti Mohamed)

kecantikan

Manfaat Masker Putih Telur untuk Rambut

Rabu, 12 Mei 2021 12:13 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Asupan protein yang tepat telah terbukti meningkatkan kesehatan rambut. Namun beberapa orang juga menggunakan masker putih telur untuk rambut dan kulit kepala untuk memperbaiki kerusakan dan memulihkan kerontokan rambut.

Dikutip dari Healthline, beberapa orang mengklaim bahwa menggunakan masker rambut putih telur dapat membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih, memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhan, dan melawan ketombe. Anda bisa menggunakan putih telur saja sebagai masker atau memadukannya dengan bahan kaya nutrisi lain seperti minyak kelapa.

Resep masker putih telur untuk rambut

Berikut adalah cara membuat dan mengaplikasikan masker rambut putih telur:

  1. Siapakan dua butir telur. Lalu pisahkan bagian putih dari kuningnya. Sisakan kuning telurnya untuk digunakan lagi.
  2. Tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa ke putih telur
  3. Kocok putih telur dan minyak.
  4. Oleskan campuran telur dan minyak ke rambut yang lembap.
  5. Bagikan campuran dari akar rambut ke ujung menggunakan jari-jari Anda.
  6. Sisir campuran melalui rambut Anda dengan sisir bergigi jarang, pastikan itu melapisi setiap helai.
  7. Biarkan campuran meresap selama 20 menit.
  8. Keramas rambut Anda dengan air dingin 
  9. Keringkan rambut Anda seperti biasa.

Fungsi putih dan kuning telur bagi rambut

Asam amino dalam telur, dikutip dari Mind Body Green, dapat membantu menghaluskan folikel, menyehatkan kulit kepala Anda, dan melembabkan rambut, menangkal paparan sinar matahari yang merusak, polusi lingkungan, produk rambut beracun, dan penataan panas.

Asam lemak yang terkandung dalam kuning telur membantu melembabkan kulit kepala, melawan ketombe, kulit kering, dan mengelupas. Lesitin, yang merupakan bahan pelembab di banyak sampo, mengurangi kusut dan membantu menjaga rambut tetap terhidrasi lama setelah dibilas. Belerang dalam kuning telur (yang membuat bau telur itu) juga merangsang kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jenis rambut yang berbeda juga mendapat manfaat dari komponen telur yang berbeda. Rambut berminyak akan mendapat manfaat hanya dengan menggunakan bagian putihnya, yang membantu membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak berlebih dengan lembut. Yang cukup menarik, putih telur juga penuh dengan enzim yang berfungsi untuk membersihkan rambut dan kulit kepala Anda dan disarankan bagi mereka yang memiliki rambut berminyak atau penumpukan produk. Putih telur juga merupakan sumber dari semua protein penting yang membuat rambut Anda kuat, halus, dan halus.

Meski tidak ada dukungan ilmiah untuk aplikasi langsung putih telur yang berkontribusi pada kesehatan rambut Anda, banyak orang percaya bahwa protein tinggi putih telur saja dapat membuat rambut lebih kuat. Mereka juga menyarankan agar putih telur yang dikombinasikan dengan bahan lain - seperti minyak jarak, jus lemon, yogurt, madu, pisang, dan cuka sari apel - akan mengatasi kondisi seperti kulit kepala kering, ujung bercabang, dan ketombe.

Baca juga: Manfaat Masker Putih Telur, Bisa untuk Mengencangkan Kulit Sementara

HEALTHLINE | MIND BODY GREEN