Pro Kontra Soal Kirim Hampers, Dira Sugandi: Tergantung Niat dan Prasangka

Dira Sugandi/Instagram

ragam

Pro Kontra Soal Kirim Hampers, Dira Sugandi: Tergantung Niat dan Prasangka

Selasa, 11 Mei 2021 23:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, ada banyak sekali unggahan di media sosial Anda soal hampers yang diterima atau dikirim oleh orang. Netizen tentu saja ada pro dan kontra soal pengiriman hampers itu. Di dunia maya beredar salah satu unggahan yang menilai bahwa pengiriman hampers hanya membuat habis tunjangan hari raya yang diterima setahun sekali. Yang lain mengatakan bahwa kebiasaan mengirim parsel hanya untuk orang dengan kondisi finansial yang stabil, dan tidak cocok untuk orang yang masih memiliki banyak cicilan. Soal plus minus isu hampers ini, penyanyi Dira Sugandi pun angkat bicara.

Ilustrasi hampers. Pixabay/Credestence navidad Store

Ia ikut memantau polemik tradisi kirim-mengirim hampers dan aksi mengunggahnya di media sosial yang selalu ramai setiap tahun. Menurut Dira Sugandi, jangan sampai ibadah puasa yang sudah dijalankan berkurang pahalanya karena suudzon dengan orang lain. "Segala sesuatu tergantung niat dan prasangka. Niat yang ngirim, niat yang ngirim balik, niat memposting dan prasangka yang melihat postingannya," tulis Dira Sugandi pada unggahan Instagram pribadinya pada 9 Mei 2021.

Ia mengingatkan bahwa ada banyak hal penting yang harus diperhatikan di sepuluh malam terakhir Ramadan tahun ini dibanding harus bergunjing soal isu hampers. Salah satunya menjaga hati dan jempol di bulan suci ini. "Menahan haus dan lapar mah harusnya udah nggak susah lagi yah untuk kita yang sudah dewasa, yang syulit itu adalah menjaga hati dan jempol aku akui," tulis Dira Sugandi.

Bagi Dira Sugandi, tradisi mengirim hantaran yang dia lihat dari ungahan teman-temannya menjelang Lebaran ini justru membuat hatinya senang. "Rasa sayang, perhatian dan kehangatannya sampai di hati sekalipun bukan aku yang menerima hampersnya," tulis Dira Sugandi. Selain itu, kata Mojang Bandung ini, dengan saling memberi hadiah orang juga bisa membantu para usaha mikro kecil dan menengah untuk perputaran ekonomi.

Dira Sugandi pun mengutip salah satu hadis dari Al Bukhaari. "Nabi Muhammad SAW bersabda: saling bertukar hadiah, bisa membantu meningkatkan rasa kasih Anda satu sama lain.' (Al-Bukhaari)," tulis Dira Sugandi yang memamerkan foto selfie dengan ekspresi fierce.

Ia berharap para pengikutnya bisa dilancarkan puasanya, dimudahkan segala urusannya. "Dan dilapangkan rezekinya untuk bisa berbagi di hari-hari terakhir Ramadan. Allahuma Amin," katanya.

Baca: Mengenang Ramadan Saat Remaja, Dira Sugandi: Ramadan Itu Ngecengin Remaja Masjid

NATHASYA ESTRELLA