Alika Islamadina Ajak Masyarakat Jadi Wisatawan Bertanggung Jawab

Alika Islamadina. Instagram.com

ragam

Alika Islamadina Ajak Masyarakat Jadi Wisatawan Bertanggung Jawab

Minggu, 9 Mei 2021 17:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Alika Islamadina sangat suka berjalan-jalan. Ketika harus berwisata di dalam negeri, ia biasanya mencari destinasi alam yang indah. "Semakin kita telusuri, semakin kita menemukan tempat yang makin indah lagi. Pokoknya aku akan cari tempat dengan alam yang indah," kata Alika Islamadina dalam acara bertajuk 'Pesona Gunung Bromo Untuk Pariwisata masa Depan' bersama Citra pada akhir April 2021.

Pada tahun 2008 atau 2009, Alika Islamadina pernah berkunjung ke tempat wisata alam Bromo. Perjalanan menuju Bromo memiliki pengalaman tersendiri baginya, sehingga hal itu meninggalkan impresi untuk Alika Islamadina. "Menuju kesananya aja itu sudah pengalaman sendiri, melihat keindahan alam di sana sudah sebuah pengalaman juga, terus karena suhunya dingin juga rasanya kayak beda aja gitu sensasinya," kata Alika Islamadina.

Alika mengingatkan bahwa setiap wisatawan memiliki tanggung jawab jika berkunjung ke suatu tempat wisata. Sehingga setiap orang harus sadar diri dan memiliki pemikiran sederhana dengan sampah yang dihasilkan sendiri. "Kalau memang di daerah emang tidak bisa buang sampah ya sudah sampahnya kita bawa aja. Jangan ngotot 'gue harus buang di sini' nih. Tidak bekerja seperti itu, satu kita harus tanggung jawab, mengikuti setiap aturan-aturannya," kata Alika Islamadina.

Tempat wisata memiliki peraturan dan budayanya masing-masing. Ada beberapa tempat yang mempersilakan untuk mengambil gambar, ada juga beberapa tempat dengan budaya yang tidak bisa diganggu. "Jadi semudah dan sesederhana itu kita bertanggungjawab, dengan kita sadar kita sudah bisa jadi wisawatan yang bisa menjaga kelestarian alam tempat wisata tersebut," kata Alika Islamadina.

Ketika travelling, Alika pun mengingatkan agar tidak hanya melihat tempat wisatanya saja, namun ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari suatu tempat. Misalnya budaya yang berlaku di tempat wisata tersebut, atau kuliner yang ada. "Dengan travelling itu, kita membuka perspektif menjadi lebih luas gitu jadi nggak sempit pikirannya," kata Alika Islamadina.

Sambil terus mengikuti hobi untuk berjalan-jalan, Alika pun tetap mengingatkan para perempuan untuk menjaga dan merawat tubuh. "Menurut aku, kalau kita sudah sadar dengan bahan-bahan yang kita pakai di badan kita, itu kita sudah menjaga alam serta kita sebagai perempuan sudah menjaga diri kita sendiri, kulit kita, badan kita," kata Alika Islamadina.

Alika mengajak masyarakat untuk bersuara juga membantu menjaga kelestarian alam yang ada saat ini. "Dengan menyuarakan, aku yakin kita semua punya suara. Kita bisa berbagi kepada teman-teman kita, kita bisa sama-sama, tidak hanya diri kita, saja bisa menjaga kesehatan alam kita," kata Alika Islamadina.

NATHASYA ESTRELLA