Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Berjalan Kaki 10.000 Langkah?

Ilustrasi perempuan berjalan kaki. (Pexels/Anastasiya Lobanovskaya)

kesehatan

Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Berjalan Kaki 10.000 Langkah?

Jumat, 7 Mei 2021 05:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Berjalan kaki secara teratur memiliki banyak manfaat, salah satunya membakar kalori. Ini adalah bentuk aktivitas fisik yang mudah dan hemat biaya, ditambah, mengambil langkah yang cukup setiap hari dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dengan mengurangi risiko depresi, membantu dalam manajemen berat badan, dan meningkatkan kesehatan otak, kesehatan tulang, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dalam beberapa tahun terakhir, berjalan kaki 10.000 langkah sehari telah menjadi rekomendasi populer yang digunakan untuk mempromosikan aktivitas fisik secara teratur. Tetapi Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tepatnya 10.000 langkah direkomendasikan dan apakah pedoman ini dapat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran Anda.

Artikel ini membahas lebih dekat rekomendasi langkah harian dan berapa banyak kalori yang Anda bakar dengan mengambil 10.000 langkah.

Mengapa mengambil 10.000 langkah itu penting?

Bagi banyak orang, berjalan 10.000 langkah sama dengan kira-kira 8,05 kilometer. Jumlah spesifik 10.000 dapat ditelusuri kembali ke slogan yang digunakan oleh klub berjalan di Jepang sejak tahun 1960-an. Terlebih lagi, penelitian saat ini juga mendukung klaim bahwa berjalan 10.000 langkah baik untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam sebuah penelitian pada 35 orang dewasa dengan indeks massa tubuh (BMI) 31,7-44,9, peserta menerima konseling diet dan secara bertahap meningkatkan langkah harian mereka hingga mencapai 10.000. Setelah intervensi 6 bulan, BMI peserta menurun secara signifikan sebesar 3,7%.

Cara Membakar Kalori yang Cukup untuk Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar program penurunan berat badan merekomendasikan untuk membakar 200 hingga 300 kalori per hari dalam olahraga sedang hingga berat. Jumlah kalori yang Anda bakar dengan berjalan kaki terutama bergantung pada berat badan Anda dan kecepatan gerak Anda.

Semua orang membakar kalori hanya dengan duduk dan bernapas, yang dapat Anda perkirakan dengan kalkulator kalori per hari ini. Anda membakar lebih banyak kalori per menit saat bangun dan berjalan, dan bahkan lebih banyak jika Anda berlari.

Bergantung pada berat badan Anda, berjalan 10.000 langkah membakar antara 250 dan 600 kalori. Anda dapat menggunakan diagram langkah pedometer ke pengonversi kalori untuk memperkirakannya sendiri. Anda perlu mengetahui perkiraan langkah Anda per mil.

Agar lebih mudah, telah banyak pedometer memperkirakan pembakaran kalori berdasarkan jumlah langkah Anda. Pita aktivitas dan pedometer canggih seperti Fitbits juga memperhitungkan seberapa cepat Anda berjalan atau berlari saat memperkirakan kalori yang Anda bakar.

Bagaimana Mendapatkan 10.000 Langkah Anda?

Mengambil 10.000 langkah sama dengan berjalan kira-kira lima mil. Kecuali Anda memiliki pekerjaan aktif, seperti pelayan atau perawat, sulit untuk mencatat 10.000 langkah dengan aktivitas harian saja. Orang yang tidak aktif mengambil 3.000 langkah atau kurang dalam aktivitas hariannya bergerak di sekitar rumah.

Kebanyakan orang mencapai 10.000 langkah dengan melakukan satu atau lebih jalan kaki atau lari berkelanjutan, setara dengan 30 hingga 60 menit berjalan kaki. Itu sama dengan rekomendasi latihan harian minimum dari sebagian besar otoritas kesehatan untuk mengurangi risiko kesehatan

Jika Anda ingin mengambil lebih banyak langkah harian untuk kesehatan dan kebugaran, mulailah dengan menentukan dasar Anda. Lacak langkah Anda selama seminggu atau lebih menggunakan pedometer sederhana, pelacak aktivitas, atau aplikasi ponsel cerdas. Anda tidak harus melompat dari 3.000 langkah sehari menjadi 10.000 dalam semalam.

Setelah Anda mengetahui rata-rata harian Anda, targetkan untuk menambahkan 2.000 hingga 2.500 langkah sehari untuk memulai (sekitar satu mil). 

Berjalan satu mil membakar sekitar 80 kalori untuk orang seberat 150 pon. Setelah Anda merasa nyaman dengan latihan tambahan ini, perpanjang jalan Anda, atau lakukan lebih banyak jalan kaki singkat, sehingga Anda mendekati 10.000 langkah setiap hari.

Baca juga: Tidak Hanya Olahraga dan Makanan, 3 Hal Penting Ini Juga Pengaruhi Diet Anda

HEALTHLINE