Tips Karier dari Oprah Winfrey dan Melinda Gates, Be Yourself

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Melinda Gates dan Oprah Winfrey di acara Super Soul yang tayang di Oprah Winfrey TV atau OWN TV. Foto ini diunggah 7 Februari 2019. Instagram/@melindafrenchgates

Melinda Gates dan Oprah Winfrey di acara Super Soul yang tayang di Oprah Winfrey TV atau OWN TV. Foto ini diunggah 7 Februari 2019. Instagram/@melindafrenchgates

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita banyak membaca literatur dan artikel tentang karier setiap harinya. Beragam input dibedah satu per satu mulai tips dan trik manajemen waktu, mengelola stres, menghadapi bos hingga menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Menariknya, di poin terakhir tentang menyesuaikan diri, dua tokoh wanita, yaitu Oprah Winfrey dan Melinda Gates punya pandangan berbeda.

Banyak orang berpesan seperti berikut, "Berpakaianlah untuk pekerjaan yang Anda inginkan," Tujuannya bersosialisasi dengan kumpulan orang yang bisa mendongkrak karier Anda. Tak hanya itu, mengatur nada bicara juga salah satu saran penting agar terdengar lebih profesional.

Seperti yang sudah disinggung di atas, dua tokoh wanita punya pandangan lain tentang menyesuaikan diri. Bagi Oprah dan Melinda, menjadi diri Anda yang sebenarnya adalah modal terbaik dalam pengembangan karier.

Mengutip laman Inc, saat diwawancarai National Geographic, Melinda Gates itu mengungkapkan jangan berusaha seperti standar kemampuan orang lain.

"Aku menghabiskan beberapa tahun di pekerjaan pertamaku melakukan segala yang aku bisa untuk membuat diriku lebih seperti orang-orang di sekitarku. Itu tidak mengeluarkan sisi terbaik dalam diriku. Nasihat terbaik dari saya untuk perempuan muda, Carilah orang dan lingkungan yang memberdayakan Anda untuk menjadi diri sendiri," kata Melinda.

Istri Bill Gates ini punya sepak terjang bisnis yang membanggakan. Ia pernah menjadi manajer unit untuk sejumlah produk Microsoft seperti Expedia, Encarta, Microsoft Bob, dan Publisher. Kini, ia menjabat sebagai wakil di Bill & Melinda Gates Foundation, pendiri Pivotal Ventures, dan penulis buku The Moment of Lift.

Sementara itu, Oprah Winfrey yang juga berkawan baik dengan Melinda Gates punya perspektif yang sama soal karier.

Masih mengutip dari laman Inc, baru-baru ini Oprah Winfrey diwawancarai Hollywood Reporter tentang berhentinya ia dari program berita 60 Minutes. Dengan jujur, ia mengaku dirinya tidak bisa menyesuaikan dengan acara tersebut. "Itu bukan format terbaik untuk saya," jelas Oprah. 

"Saya pikir saya mengulang adegan tujuh kali hanya untuk menyebut nama. Sebab saya itu 'terlalu emosional.' Saya menjawab, 'Apakah terlalu banyak emosi di bagian' Oprah 'atau di bagian' Winfrey '?' ... Mereka akan berkata, 'Baiklah, kamu perlu meratakan suaramu, terlalu banyak emosi dalam suaramu.' Jadi saya sedang berusaha menarik diri saya dan meratakan kepribadian saya. Dan, itu sebenarnya bukan hal yang baik dalam karier," tutur perempuan 65 tahun ini.

Oprah Winfrey populer lewat acara bincang-bincang The Oprah Winfrey Show. Acara bincang-bincang dengan rating tertinggi di Amerika Serikat ini bertahan selama 25 tahun dengan jumlah episode 4.561. Di acara tersebut, Oprah banyak menginspirasi lewat narasumber yang diundangnya dan kegiatan filantropi yang diciptakannya sendiri.

Berpakaian untuk mengesankan atau bertemu mentor yang tepat bukan jaminan karier cemerlang. Sebab dibutuhkan kerja keras dan kekuatan diri sebagai pembeda dari yang lain, pesan Oprah dan Melinda. Satu-satunya tempat di mana kemampuan Anda akan bersinar adalah saat menjadi diri sendiri.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."