Takaran Membuat Cairan Disinfektan untuk Membersihkan Rumah

Ilustrasi penggunaan cairan desinfektan atau cairan pembersih. shutterstock.com

ragam

Takaran Membuat Cairan Disinfektan untuk Membersihkan Rumah

Sabtu, 21 Maret 2020 07:58 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Wabah corona membuat setiap orang di rumah lebih rajin membersihkan rumah. Berbagai perabot yang kerap disentuh, seperti gagang pintu, remote televisi, telepon, saklar lampu, menjadi sasaran yang mesti dibersihkan.

Jika kesulitan mendapatkan produk pembersih peralatan rumah tangga, mungkin Anda bisa mencoba membuat disinfektan sendiri. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat merekomendasikan pemakaian cairan pemutih klorin merek apa saja.

Perlu diketahui, cairan pemutih atau sodium hypochlorite, ini bersifat kaustik atau dapat menimbulkan iritasi dan mengeluarkan asap yang berpotensi mematikan. Karena itu, berhati-hatilah saat memakainya dan jangan dicampur dengan bahan kimia lainnya. Cukup dicampur dengan air.

Berikut tips membuat cairan disinfektan perabot rumah tangga seperti dilansir Wired dan Verywell Health.

  • Bahan: larutan pemutih merek apa saja, air.

  • Alat: botol semprot, sarung tangan karet, sepatu bot, dan pelindung mata.

Cara membuat

  • Gunakan sarung tangan dan sepatu bot dan selalu ikat rambut.

  • Campurkan 4 sendok teh larutan pemutih dengan 1 liter air. Hati-hati saat menuangkan cairan pemutih ke dalam wadah semprotan. Masukkan cairan pemutih dulu, baru tambahkan air sesuai takaran.

  • Untuk membuat dalam jumlah yang lebih banyak, tambahkan cairan pemutih dan air sesuai takaran.

  • Setelah air dan cairan pemutih berada dalam wadah, kocok perlahan agar tercampur rata.

  • Jangan tambahkan bahan lain, apalagi yang terbuat dari bahan kimia ke dalam campuran ini.

  • Usahakan tidak menghirup asap produk. Jika menggunakan produk di dalam ruangan, buka jendela dan pintu untuk memungkinkan udara segar masuk.

Ketika memakai cairan pembersih ini, pastikan tangan selalu terbungkus sarung tangan dan semprotkan larutan disinfektan pada benda yang ingin dibersihkan. Anda juga bisa menyelupkan kain ke dalam campuran pembersih ini, kemudian usapkan pada permukaan benda yang dibersihkan. Biarkan larutan menyentuh permukaan selama lima menit dan biarkan sampai kering.