Tumis Sawi Jamur dan Ayam Popcorn Bisa Untuk Sahur dan Berbuka, Ini Resepnya

Ayam popcorn (Istimewa)

kuliner

Tumis Sawi Jamur dan Ayam Popcorn Bisa Untuk Sahur dan Berbuka, Ini Resepnya

Senin, 26 April 2021 15:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Konsumsi makanan bergizi dan lezat di bulan Ramadan, di tengah pandemi Covid-19, dinilai sangat penting oleh Ketua Ikatan Ahli Gizi Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswary. Apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk sahur dan berbuka?

“Selama berpuasa, terutama pada pandemi ini, tubuh kita membutuhkan lebih banyak konsumsi makanan bergizi seimbang. Agar kebutuhan nutrisi kita tercukupi saat berpuasa maka makanan bergizi yang kita miliki harus enak, sehingga nafsu makan kita meningkat. Kelezatan itu bisa kita dapatkan dengan menambahkan Bumbu Umami,” ungkap Mury melalui siaran pers, Kamis 22 April 2021.

Mury menambahkan, cara termudah untuk menjaga kebugaran tubuh selama Ramadan, terutama di masa pandemi ini, adalah dengan menjaga pola makan dengan baik dan rutin berolahraga, yang akan mengurangi tingkat stres, dan jangan lupa tingkatkan ibadah. "Selama puasa, terjadi defisit kalori yang membuat hormon tubuh berubah, yaitu penurunan insulin dan peningkatan hormon glukagon, yang memaksa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi saat kita beraktivitas," ujar Mury.

“Beberapa tips saat menjalani puasa adalah rutin berolahraga, namun kita harus memperhatikan jenis dan waktu olahraganya. Olah raga 3-5 kali / minggu dengan intensitas sedang-tinggi, lalu gabungkan cardio dan olah raga beban ringan, jadikan 20-60 menit setiap kali akan ideal untuk Anda,” lanjutnya.

Public Relations Manager - PT Ajinomoto Indonesia, Katarina Larasati mengatakan semua orang bisa mendapatkan berbagai inspirasi menu enak dan bergizi seimbang melalui website Dapur Umami dan website Winning Meals Kachimeshi yang bisa diaplikasikan sebagai menu buka puasa dan sahur, agar tetap sehat saat berpuasa.  “Khususnya di website Dapur Umami menu yang kami rekomendasikan adalah Ayam Popcorn untuk berbuka puasa, dan Tumis Sawi Jamur ala untuk Sahur. Makanan ini sangat direkomendasikan karena mudah untuk dimasak & disiapkan, enak, serta bergizi. Anda dapat dengan cepat melihat resep yang diinginkan sesuai preferensi Anda dengan pencarian yang mudah. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar nutrisi, Anda juga dapat masuk dan mengirimkan pertanyaan kepada kami di fitur "Tanya Nutri Expert” di mana ahli gizi kami akan menjawab pertanyaan Anda," lanjutnya.

Dengan santapan lezat dan bergizi serta dipadukan dengan olah raga teratur,  Katarina berharap semoga keluarga di Indonesia tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa Ramadan di masa pandemi ini.

Yuk coba dua kreasi resep untuk sahur dan berbuka puasa berikut ini: 

A. Ayam Popcorn 

Bahan: 1. 250 gr daging dada ayam tanpa tulang2. 8 sdm air es3. 700 ml minyak untuk menggoreng4. 2 Bks Sajiku Tepung Bumbu (80gr)

Bahan pelengkap :1. Saus sambal/ Mayonaise pedas2. Peterseli untuk hiasan

Cara Memasak:1. Potong dada ayam seukuran popcorn. Sisihkan.2. Adonan basah : larutkan 4 sdm Sajiku Tepung Bumbu dengan 8 sdm air es.3. Adonan kering : Siapkan sisa Sajiku Tepung Bumbu di wadah lainnya.4. Masukkan potongan ayam kedalam adonan basah, gulingkan, angkat, hitung 123 cepat lalu masukkan kedalam adonan kering, gulingkan, remas-remas, bolak-balik hingga keriting, ketuk ketuk.5. Goreng ayam dalam minyak panas dengan suhu 170 -180 C selama 10 menit, hingga matang, angkat, sajikan dengan saus sambal/ mayonaise pedas.

Tumis Sawi Jamur (Istimewa)

B. Tumis Sawi Jamur Bahan:1. 200 gr sawi hijau2. 50 gr jamur kancing3. ½  bungkus Masako rasa ayam 9 gr4. 2 siung bawang merah5. 2 siung bawang putih6. 100 ml air3 sdm minyak goreng

Cara Memasak:1. Iris bawang putih, bawang merah, dan jamur kancing, potong sawi hijau, sisihkan.2. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah hingga harum.3. Masukkan jamur kancing, air, dan sawi hijau, aduk rata.4. Tambahkan ½ bungkus Masako rasa ayam, aduk sebentar, angkat dan sajikan.

Apa menu favorit Anda untuk sahur dan berbuka puasa?

Baca: Sahur Tidak Nyaman, Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya