Kisah di Balik Gaun Satin Biru Regina King di Oscar 2021, Dibuat selama 140 jam

Regina King mengenakan gaun couture Louis Vuitton. Instagram.com/@wayanandmicah

mode

Kisah di Balik Gaun Satin Biru Regina King di Oscar 2021, Dibuat selama 140 jam

Senin, 26 April 2021 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan gaun selebriti di karpet merah ajang penghargaan selalu memukau dan menyimpan cerita. Termasuk gaun couture Louis Vuitton yang dipakai aktris Regina King di Oscar 2021 atau Academy Awards ke-93, Senin 26 April 2021, di Amerika Serikat.

Peraih Oscar 2018 berkat perannya di film If Beale Street Could Talk itu tampil anggun dalam balutan gaun satin biru berdetail kemilau dan bahu model cape. Penata gayanya, Wayman Bannerman dan Micah McDonald, mengungkapkan penampilan Regina King di Oscar ini merupakan puncak dari penampilan-penampilan sebelumnya di acara penghargaan tahun ini.

“Kami selalu mencoba untuk menceritakan kisah lengkap,” kata McDonald melalui telepon dari Los Angeles seperti dikutip dari Vogue. “Jadi kami harus memastikan bahwa final adalah akhir yang tepat untuk musim yang indah.”

Bagi Bannerman dan McDonald, direktur kreatif Louis Vuitton, Nicolas Ghesquière adalah kolaborator yang ideal untuk mewujudkan hal itu. “Dia berkomitmen untuk menghadirkan nuansa couture (mode tinggi) dalam arti yang sebenarnya ke karpet,” kata Bannerman.

“Dia tidak hanya mendesain gaun musim penghargaan. Dia memberi Anda interpretasi uniknya tentang apa yang bisa terjadi. Saya suka konsistensi yang dia berikan dan perhatian pada detail — gaunnya indah di dalam maupun di luar."

Setelah berkolaborasi dengan Vuitton dalam gaun berlapis emas dan kolom asimetris untuk penampilan Regina King di Golden Globes 2021, mereka menginginkan sesuatu yang berbeda untuk Oscar. Gaun satin bangsawan biru pucat King dengan detail bahu fantastis dan gradasi payet perak menjadi pilihannya.

Baca juga: Youn Yuh Jung Minari Raih Piala Oscar untuk Aktris Pendukung Terbaik

Gaun itu dibuat selama 140 jam atau sekitar hampir enam hari di studio Louis Vuitton, karya ini juga menampilkan sejumlah kristal Swarovski yang memecahkan rekor untuk rumah mode tersebut. Dengan 62.000 payet, 3.900 batu berkilau pucat, 4.500 batu yang berwarna lebih gelap, dan jahitan rantai sepanjang 80 meter, tampilan ini merupakan tontonan mode yang layak untuk museum — persis seperti yang ada dalam pikiran Bannerman dan McDonald.

“Kami ingin mempertahankan elemen fantasi itu,” kata Bannerman. “Bagi Regina, ini adalah langkah baru dalam hal tampilan arsitektur dan siluetnya.”

Selain menawan dari segi bentuk dan proses pembuatannya yang detail dengan tangan, gaun biru Regina juga menyiratkan pesan semangat di masa pandemi Covid-19.

“Semua penampilan Regina di musim ini bersifat komunikatif; gaun dirancang untuk membangkitkan reaksi penonton diruah, "kata Bannerman.

“Kami ingin menghadirkan sesuatu yang istimewa yang dapat membangkitkan semangat kami. Setelah semua yang kami lalui dalam setahun terakhir, kami ingin menciptakan citra yang indah sehingga penonton terinspirasi atau membicarakannya dengan teman dan keluarga mereka. Kami tersentuh oleh pesan yang kami terima dari orang-orang tentang penampilan ini, jadi kami ingin memastikan untuk memberikan kontribusi yang menggembirakan,” lanjutnya.

Untuk melengkapi penampilan anggunnya, Regina King tampak memakai set perhiasan berlian koleksi Forever Mark. Rambut bob pendek lurusnya dibiarkan tergerai begitu saja. Riasannya tampak flawless dengan nuansa biru serasi gaun di bagian eyeshadow.

Bagaimana menurut kamu penampilan Regina King di karpet merah Oscar 2021?

Baca juga: Momen Manis 3 Seleb Ini Ajak Ibu Menghadiri Oscar 2020

 VOGUE