Demi Peran di Film Terbarunya, Della Dartyan Tinggal di Rumah Penari Senior

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Della Dartyan. Instagram/@delladartyan

Della Dartyan. Instagram/@delladartyan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Aktris Della Dartyan berperan sebagai penari Lengger di film terbarunya, "Tarian Lengger Maut". Demi mendalami perannya, ia belajar langsung dengan penari Lengger yang berada di Banyumas, Jawa Tengah. Selain itu, ia mengaku tak menguasai dasar-dasar dalam menari.

"Ini bukan sekadar nari biasa, sebab ini karakternya adalah penari yang akan diberikan Indang," ujar Della dalam peluncuran poster dan trailer film "Tarian Lengger Maut" pada Jumat, 23 April 2021.

Della mengaku sampai menginap di rumah penari Lengger wanita senior untuk mempelajari kehidupan sehari-harinya sekaligus perihal budaya tarian tersebut. Selain itu, Della juga melihat bagaimana tari Lengger dianggap oleh masyarakat Banyumas sebagai sebuah hiburan khususnya pada acara tertentu seperti khitanan.

"Aku diberi kesempatan datang ke acara khitanan, aku nonton secara langsung tarian ini seperti apa. Kalau orang awam menganggapnya negatif, padahal di kehidupan Banyumas ini adalah sebuah hiburan," ujar Della.

Dalam sejarahnya, tarian lengger dibawakan oleh laki-laki. Namun untuk menari Lengger, laki-laki itu harus berdandan layaknya perempuan. Oleh karena itu, tarian ini juga dikenal dengan nama Lengger Lanang. Tari lengger biasanya dibawakan oleh dua sampai empat penari dan diiringi dengan musik calung, yaitu sejenis gamelan yang terbuat dari bambu.

Kembali ke persiapan Della, ia juga tidak lupa melakukan beberapa ritual khusus agar proses syuting dapat berjalan dengan lancar.

"Untuk ritualnya sebenarnya enggak yang full gimana-gimana, tapi aku sempat datang ke penari Lengger lanang senior, aku sempat berziarah juga ke makam penari-penari Lengger senior, kulonuwun lah," kata perempuan 31 tahun itu.

"Tarian Lengger Maut" disutradarai oleh Yongki Ongestu. Film ini bercerita tentang misteri yang terjadi di desa Pageralas, satu persatu warganya menghilang secara misterius. Kemudian di sisi lain kehadiran dokter Jati (Refal Hady), masih belum diketahui apa hubungannya dengan berbagai insiden yang terjadi di desa Pageralas.

Namun, seorang penari Lengger, Sukma (Della Dartyan), sedang menjalani ritual untuk penerimaan Indang, dipercaya bahwa penari yang memiliki Indang dapat mempesona penontonnya dan dapat melindungi pemiliknya. Film tersebut tayang di bioskop mulai 13 Mei 2021.

Baca juga: Cara Della Dartyan Merawat Kulit Wajah dari Terik Matahari

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."