Menu Buka Puasa: Smoothie Pisang Hijau Spirulina, Makanan Super Penuh Kesegaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Ilustrasi spirulina. Pixabay.com/Anais Crouzet

Ilustrasi spirulina. Pixabay.com/Anais Crouzet

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jaga kesehatan Anda selama bulan Ramadan dengan mengonsumsi asupan makanan sehat dan bergizi. Salah satu yang bisa jadi pilihan untuk menu buka puasa atau sahur adalah smoothie pisang hijau spirulina.

Spirulina adalah makanan super rendah kalori yang penuh dengan nutrisi. Bahan makanan yang berbahan dasar algae ini mudah digunakan untuk shake atau mangkuk smoothie.

"Sajian 500 mg hanya mengandung 2 kalori, memungkinkan Anda mengemas tubuh Anda dengan nutrisi sekaligus menghemat kalori," kata Lisa Hayim, ahli diet terdaftar dan pendiri The Well Necessities and TWN Collection, dikutip dari Self. "Protein dalam spirulina juga mudah dicerna dan diserap, membuatnya lebih mudah untuk membangun otot tanpa lemak, yang membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan lemak sepanjang hari."

Ingin mencoba menu ini? Berikut resep yang mencakup bahan dan cara membuatnya.

Smoothie Pisang Hijau Spirulina

Bahan:

1 buah pisang
1/2 cangkir air kelapa
1/2 cangkir susu almond
1 sendok bubuk protein vanila vegan (opsional)
1 sdt spirulina
Haluskan semua bahan menjadi satu dan nikmati.

Tambahan:
1 cangkir bayam atau kale
1/4 cangkir blueberry beku atau segar
1/4 cangkir granola
1 sendok makan chia seed

Cara Membuat:

Masukkan ke dalam blender tambahkan pisang beku, mentimun, santan, susu almond, bayam atau kale, spirulina, dan biji rami atau biji chia. Haluskan sampai lembut.

Jika terlalu kental, encerkan dengan air atau lebih banyak santan. Jika terlalu encer, kentalkan dengan es atau lebih banyak pisang beku. Cicipi dan sesuaikan rasa sesuai kebutuhan.

Sajikan segera apa adanya atau sesuai keinginan saya: taburi dengan blueberry, granola, dan lebih banyak biji-bijian.

Smoothie ini paling baik saat segar. Namun, Anda bisa juga menyimpannya dalam wadah tertutup di lemari es hingga 2 hari atau freezer selama 1 minggu.

Anda juga bisa mengkreasikan resep ini sesuai keinginan Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan lebih banyak pisang untuk meningkatkan rasa manis. Sementara porsi timun yang lebih banyak bisa menambah kesegaran menu buka puasa Anda ini.

Baca juga: Menu Buka Puasa: Jus Seledri, Bisa Menghidrasi Tubuh dengan Baik

SELF | HEALTHLINE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."