4 Cara Mempertahankan Mood Positif Selama Bekerja dari Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski kegiatan perkantoran sudah aktif kembali dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, sejumlah orang masih bekerja dari rumah selama pandemi. Jika Anda sudah bekerja dari rumah sejak awal pandemi, berarti sudah lebih dari satu tahun menjalani rutinitas itu. Anda pasti sudah memiliki beberapa siasat untuk mempertahankan mood positif. Atau masih butuh tambahan trik?

Jika iya, jangan lewatkan tips berikut. Ketika Anda berpikiran positif sekaligus bahagia, maka tumpukan pekerjaan satu per satu mudah diselesaikan. Sepakat?

1. Siapkan area kerja di rumah

Siapkan ruang bekerja di rumah. Jika tak memungkinkan, sebaiknya Anda punya meja khusus untuk bekerja yang disesuaikan dengan kondisi rumah Anda. Hal itu membantu Anda masuk ke suasana kerja segera setelah Anda berada di sana. Juga membantu meningkatkan konsentrasi Anda.

2. Ciptakan batasan

Jangan terjebak pada jam kerja ekstra atau mengikuti rapat online setelah jam kerja Anda selesai. Bekerja dari rumah, bukan berarti Anda selalu siap sedia untuk urusan pekerjaan. Ciptakan batasan antara kehidupan profesional dan pribadi Anda.

Komunikasikan secara bijak kepada atasan, jika tambahan pekerjaan kerap diberikan di luar jam kerja. Itu bisa mempengaruhi kualitas hasil kerja jika dilakukan dalam kondisi lelah setelah beberapa jadwal rapat online. Berdampak buruk pula pada kesehatan, misalnya berkurang waktu istirahat.

3. Tetap bersosialisasi

Jangan lupa untuk tetap bersosialisasi. Tidak hanya dengan rekan kerja, tetapi juga dengan teman-teman Anda. Kadang-kadang karena Anda sibuk dengan pekerjaan sepanjang hari, Anda meniadakan waktu untuk mengobrol dengan teman-teman Anda. Jadi luangkan waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman Anda melalui panggilan video atau pesan.

4. Miliki rutinitas

Tetap ciptakan rutinitas selama bekerja dari rumah. Dengan begitu, Anda akan bangun tepat waktu setiap hari, lebih produktif, dan membantu Anda tetap aktif sekaligus terjaga mood positif-nya.

Baca juga:  Trik Cegah Kecanduan Internet selama Kerja Online, Menurut Ahli Kesehatan Jiwa

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."