4 Cara Mencintai Pekerjaan, Jadikan Rekan Kerja Support System Anda

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

karir

4 Cara Mencintai Pekerjaan, Jadikan Rekan Kerja Support System Anda

Rabu, 14 April 2021 21:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja bisa membuat Anda merasa terjebak, bosan, bahkan takut dengan pekerjaan. Pengulangan pasti bagian dari kehidupan profesional karena beberapa tugas harus dilakukan setiap hari, tak peduli betapa membosankannya bagi Anda. 

Perasaan itu umum terjadi dan dapat dirasakan oleh siapa saja. Jangan terlalu khawatir juga, perasaan itu bisa diatasi. Berikut beberapa cara untuk mulai mencintai pekerjaan Anda lagi, mengembalikan kegembiraan yang hilang, dan mengatasi rasa takut seperti dikutip dari Pink Villa.

1. Jadikan rekan kerja sebagai support system

Ada kemungkinan rekan kerja Anda mengalami perasaan takut dan monoton yang sama. Berusahalah untuk berbicara dengan mereka tentang hal-hal selain pekerjaan, dan bangun hubungan dengan mereka. Hal itu akan membantu Anda mengembangkan sistem pendukung atau support system di tempat kerja. Anda juga akan merasa lebih baik ketika dikelilingi oleh individu yang berpikiran sama.

2. Bersihkan area kerja dan pikiran

Membersihkan area kerja dan mengaturnya memang bisa membantu Anda kembali bersemangat. Tapi itu saja belum cukup, pastikan pikiran Anda jernih agar fokus bekerja dan mencegah bingung atau stres.

3. Temukan penyebab ketakutan

Cobalah untuk mencari tahu alasan yang membuat Anda takut dengan pekerjaan Anda. Apakah itu beban kerja, rekan kerja, atau bos Anda? Setelah Anda mengetahuinya, temukan cara efektif untuk mengatasinya, alih-alih berpikir untuk berhenti dari pekerjaan itu.

4. Buatlah jadwal

Terlambat bangun dan tetap menargetkan pekerjaan selesai tepat waktu bisa membuat Anda stres. Jadi, buatlah jadwal untuk menghindari kerumitan, terburu-buru, tertekan mengerjakannya sehingga tidak optimal hasilnya. Jangan lupa, memasukkan waktu istirahat di antara rutinitas. Beragam pilihannya, Anda bisa berjalan-jalan sejenak di rumah, melakukan peregangan ataupun menatap tumbuhan hijau di halaman.

Baca juga: 4 Tanda Anda Cocok dengan Pekerjaan, Termasuk Suka Hari Senin