Agar Tidur Lelap dan Nyaman di Bulan Ramadan, Cari Wewangian

Wanita mengalami susah tidur atau insomnia. Freepik.com/Jcomp

kesehatan

Agar Tidur Lelap dan Nyaman di Bulan Ramadan, Cari Wewangian

Minggu, 18 April 2021 12:57 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Bangun jauh lebih pagi untuk sahur dan tidur lebih larut setelah tarawih membuat sebagian orang merasa kurang istirahat saat Ramadan. Padahal, durasi tidur setiap hari sangat penting untuk menjalani aktivitas yang optimal. Bagaimana cara agar bisa tidur secara sehat dan nyaman di sela ibadah bulan suci Ramadan? Simak kiat-kiat di bawah ini yang bisa Anda praktikkan, dilansir Gulf News.

1. Cari lingkungan yang tepatPastikan kamar tidur Anda nyaman, sejuk, tenang dan gelap. Gorden yang menghalangi cahaya matahari dan penutup telinga bisa membantu Anda dari cahaya dan hiruk pikuk suasana yang bisa mempengaruhi tidur.

2. WewangianAda aroma menenangkan yang bisa membantu kualitas tidur Anda. Lavender terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah, membuat Anda merasa lebih santai dan siap untuk tidur. Coba pakai lilin aromaterapi atau minyak esensial agar kamar tidur jadi wangi dan membuat Anda merasa tenang dan nyaman.

3. Gunakan kamar hanya untuk tidurJangan campur adukkan aktivitas lain di kamar tidur selain untuk beristirahat. Menonton televisi, makan, bekerja, atau menggunakan komputer di kamar tidur bisa menciptakan distraksi dan membuat Anda sulit beristirahat.

4. Aktivitas menenangkanJika Anda tak kunjung bisa tidur selama 20 menit, coba tinggalkan sejenak kamar tidur dan cari aktivitas menenangkan hingga Anda merasa lelah dan ingin beristirahat.

5. Tidur siangHindari tidur siang yang berlebihan dengan durasi di atas 20-30 menit, kecuali Anda memang benar-benar kecapekan. Pasang alarm tidur siang selama 20 menit untuk meningkatkan energi dan fokus yang menurun akibat kurang tidur. Tidur siang kebablasan justru membuatmu merasa pusing dan lebih mengantuk.

6. Olahraga rutinIni berkontribusi baik untuk tidur malam yang nyenyak, sebab tubuh jadi lelah dan pikiran jadi tenang. Tapi berolahraga dalam waktu yang berdekatan sebelum tidur malah bisa membuat efek sebaliknya. Anda malah merasa segar dan sulit tidur. Jadi, lebih baik berolahraga pada sore hari, atau lebih dari empat jam sebelum waktu tidur Anda.

7. Makanan yang tepatHindari makan makanan berat, berlemak atau bergula saat berbuka puasa - tidur Anda bisa terganggu karena tubuh Anda bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan. Fokus pada makanan sehat saat sahur yang akan melepas energi secara lambat sepanjang hari seperti biji-bijian dan protein.

8. Hindari kafeinHindari kafein sebisa mungkin, terlebih jelang Anda tidur.

9. Buat rutinitas tidurCoba buat rutinitas tidur khusus selama Ramadan sehingga Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh memiliki ritme agar bisa tidur lebih lelap.

10. Batasi gawaiSebisa mungkin, jangan pakai gawai jelang tidur karena cahaya biru dari layar bisa mengganggu kualitas tidur Anda.

Baca: Ibu Hamil Sulit Tidur, Ini Sebab, Risiko, dan Cara Atasinya