Tips Memilih Gaun Pengantin Muslimah untuk Pesta Pernikahan

Desainer Renzi Lazuardi menceritakan proses pembuatan gaun pengantin yang dipakai Vebby Palwinta saat akad nikah. Instagram.com/@renzilazuardi

mode

Tips Memilih Gaun Pengantin Muslimah untuk Pesta Pernikahan

Minggu, 18 April 2021 03:36 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda yang dalam beberapa bulan ke depan akan menikah dan berencana mengenakan gaun pengantin muslimah, ketahuilah cara menata jilbab secara tepat dan anggun. 

Beberapa pengantin lebih menyukai gaya sederhana sementara yang lain lebih memilih tampilan glamor. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jilbab untuk dipadankan gaun pengantin muslimah. Ini termasuk kain, warna, dan tekstur. 

Kain

Pengantin perempuan, entah mereka mengenakan gaun putih tradisional atau sesuatu yang lebih bernuansa etnis, harus membeli kain yang melengkapi gaun pengantin.

Untuk itu perhatikan kain yang sesuai dengan kain gaun pengantin Anda. Sesuaikan bahan kain dengan tema yang Anda pilih. Namun, catatannya janganlah mengenakan apapun yang terlihat terlalu kasual.

Warna

Saat memilih gaun tradisional berwarna putih, sangat penting untuk menemukan warna hijab yang melengkapi gaun tersebut. Saat pengantin perempuan berpakaian putih dari ujung kepala sampai ujung kaki, tentu rentan terlihat menyeramkan. 

Pemilik studio busana di Detroit LaTerry Abdulnoor Yaseen Mohsin, mengatakan kepada Brides, "Anda tidak ingin terlihat seperti hantu. Jangan takut untuk memiliki semburat warna.”

Tekstur

“Jangan takut dengan pola dan tekstur,” LaTerry mengingatkan para mempelai perempuan. Jika Anda sangat khusus tentang palet warna, mengubah tekstur elemen yang berbeda dapat membuat perbedaan besar.

Ada begitu banyak tekstur dan kain yang berbeda; “Kain satin yang dicampur dengan sifon atau bunga 3D atau berbagai ketebalan kain dapat menambah kedalaman tampilan sehingga Anda tidak terlihat seperti gumpalan besar dengan satu warna,” kata LaTerry.

Waktu

Semakin banyak pertimbangan soal busana, semakin banyak waktu yang Anda perlukan. Calon pengantin harus memastikan bahwa mereka memberikan cukup waktu untuk menemukan tidak hanya warna dan kain yang tepat untuk hijab tetapi untuk setiap perubahan, dan lapisan yang mungkin diperlukan. Terkadang Anda harus mencari warna yang tepat atau memilih kain yang lebih formal.

Pengantin perempuan yang memutuskan untuk mengenakan gaun pengantin muslimah berwarna putih dan bernuansa tradisional juga bisa menggunakan kerudung untuk menutupi rambutnya. Alih-alih menggunakan kain tipis atau renda, cobalah kain yang tidak tembus pandang untuk mempertahankan tampilan klasik tapi sederhana.

Baca juga: Cerita Ashanty Cari Perancang Busana Akad Nikah Aurel Hermansyah: Aku DM Sendiri

BRIDES