5 Cara Merawat Kulit Leher Agar Tetap Kencang, Jangan Lupa Oleskan Tabir Surya

Ilustrasi kulit leher wanita. Unsplash/Elizaveta Strelkova

kecantikan

5 Cara Merawat Kulit Leher Agar Tetap Kencang, Jangan Lupa Oleskan Tabir Surya

Kamis, 15 April 2021 12:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda bahwa kulit leher lebih tipis daripada kulit wajah. Jadi, perawatan kulit leher sama pentingnya dengan kulit wajah. Jika tidak dirawat, bisa muncul garis halus, kerutan, mengendur di kulit leher.

Apa saja faktor-faktor yang membuat kulit leher mengendur atau berkerut? Ternyata gerakan konstan yang dilakukan setiap hari dapat mempengaruhi munculnya kerutan yang membentuk lipatan. Jangan abaikan pula dampak paparan sinar matahari pada kesehatan kulit leher. 

Untuk menjaga kulit leher agar tetap kencang, berikut tips yang dibagikan dokter kulit Rachel Nazarian, M.D., dari Schweiger Dermatology Group seperti dikutip dari Marie Claire

1. Jangan keseringan menunduk saat melihat ponsel

Ternyata, sering menunduk saat melihat ponsel bisa menciptakan kerutan atau dikenal juga Tech Neck. Jadi, usahakan Anda menciptakan waktu rehat melihat ponsel. Lakukan beberapa latihan yang memanjangkan leher, selain untuk merawat kulit leher, juga baik untuk relaksasi.

2. Jangan lupa pakai pelembap

Pelembap bermanfaat mencegah dan meminimalkan munculnya garis di kulit leher. Meski bisa saja memakai pelembap wajah di leher, ahli tetap menganjurkan memakai krim khusus leher.

"Pelembap khusus leher lebih membantu mengencangkan kulit leher dan mengandung bahan yang sedikit berbeda, seperti kafein," jelas dokter Nazarian. Ia merekomendasikan formula yang ringan, lembut, dan dikemas dengan peptida dan antioksidan.

Baca juga: Jerawat di Leher Bisa Dipicu Sering Pakai Choker Plastik

3. Jangan lupa olekskan tabir surya

Tak diragukan lagi, paparan sinar matahari adalah penyebab terbesar yang memicu tanda-tanda awal penuaan. Yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa leher Anda lebih besar berisiko ketimbang kulit wajah. Sebab kulit leher lebih tipis dibandingkan kulit lainnya.

"Kerusakan akibat sinar ultraviolet menyebabkan kelemahan jaringan leher yang halus, mengendurkan kulit, dan semakin memicu garis-garis halus," jelas Nazarian. Pastikan Anda mengoleskan tabir surya minimal SPF 30 setiap hari.

4. Bersihkan kulit leher sebelum tidur

Sama seperti wajah, kulit leher juga harus dibersihkan setiap sebelum tidur. "Jika Anda tidak mandi di malam hari, mikropolutan dan radikal bebas dari siang hari dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit leher Anda," Nazarian memperingatkan.

5. Lakukan perawatan pelapisan kulit di leher

"Chemical peeling, microneedling, dan laser seperti Fraxel membantu melapisi kembali kulit leher, meminimalkan garis, dan mengencangkan leher dengan mendorong produksi kolagen," pungkas Nazarian.

MARIE CLAIRE