Kisah di Balik Gaun Aurra Kharisma di Miss Grand International, Butuh 10 Pemayet

Aurra Kharisma mengenakan gaun Aurora rancangan Wiki Wu di malam pre-eliminasi Miss Grand International 2020 yang digelar di Bangkok, Thailand. Instagram/@aurrakharisma

mode

Kisah di Balik Gaun Aurra Kharisma di Miss Grand International, Butuh 10 Pemayet

Jumat, 26 Maret 2021 18:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Model Aurra Kharisma mewakili Indonesia dalam ajang Miss Grand International 2020 di Bangkok, Thailand. Rangkaian acara ajang kecantikan internasional ini dimulai sejak akhir Februari 2021 dan malam puncaknya esok hari, Sabtu, 27 Maret 2021.

Melalui unggahan Instagram-nya, Aurra Kharisma kerap membagikan aktivitas penampilannya di beberapa sesi penilaian salah satunya saat ia menggunakan evening gown di malam pra-eleminasi Miss Grand Internastional 2020 pada Kamis, 25 Maret 2021.

Gadis asal Majalengka, Jawa Barat, itu tampil memesona dalam balutan gaun karya desainer Indonesia Wiki Wu. Ia ditunjuk langsung oleh Ivan Gunawan selaku Direktur Yayasan Dunia Mega Bintang, penyelenggara resmi Miss Grand Indonesia 2020.

Gaun yang dikenakan Aurra bertema The Aurora Dress yang terinspirasi dari namanya.

“Aku langsung riset dari namanya Aurra Kharisma. Aurra adalah warna cakra, yang terdiri dari tiga warna, yakni violet dan ungu kebiruan. Warna ungu ini memancar ke seluruh tubuh. Seolah-olah ada bintang-bintang kecil yang menyebar dan menari di tubuhnya," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Cantika pada Jumat, 26 Maret 2021.

Wiki Wu lalu menjelaskan bahwa ada bentuk O di bagian gaun perut samping yang terinspirasi dari nama dari Aurra Kharisma yang berarti memancarkan sinar dan energi. "Intinya ada 3 warna aura di tubuh aura yang terinspirasi dari sinar aurora," lanjutnya.

Wiki juga menjelaskan proses pembuatan gaun The Aurora Dress membutuhkan kejelian tangan-tangan 10 pemayet profesional

“Gaun ini harus menonjolkan tubuh Aurra yang sempurna banget. Makanya dibuat transparan, dengan motif bintik-bintik yang flow-nya diatur sedemikian rupa. Detail itu kita tempelkan dulu di kertas, lalu kita tempel tulle warna hue-nya, setelah itu kami payetin satu persatu. Rumit tapi hasilnya memuaskan," ungkapnya.

Selain gaun rancangan Wiki Wu, riasan dan aksesori Aura Kharisma kian melengkapi penampilannya. "Saya mempersiapkan Aurra secara matang dalam ajang kompetisi ini. Selain gaun yang cantik dan unik pada National Costume kemarin, saya juga mempersiapkan aksesori detailnya yang didukung penuh oleh YT Utama Putra dan makeup pastinya dari Ivan Gunawan Cosmetics,” imbuh Ivan Gunawan.

Aurra Kharisma tampil mempesona dengan kostun The Edacious Chicken Satay" atau tema sate Madura yang mewakili kekayaan budaya kuliner Indoesia. Instagram/@@thaisashes

Sebelum malam pra-eliminasi, Aurra Kharisma tampil memukau dengan kostum dan hiasan kepala atau headpiece bertema The Edacious Chicken Satay karya Jember Fashion Carnaval. Tema sate madura dipilih mewakili salah satu kekayaan budaya kuliner Indonesia.

"Busana ini menampilkan hidangan favorit masyarakat Indonesia secara lengkap, mulai dari proses bakaran hingga saat disajikan di piring bersama sambal dan potongan bawang merah. Bagian bakaran yang menyala bisa dibuka seperti sayap kupu-kupu dan menampilkan sepiring sate yang siap disantap. Benar-benar konsep yang sangat unik, segar, dan tentunya Indonesia banget," jelas desainer yang kerap disapa Igun itu.

Malam final Miss Grand International 2020 akan diselenggarakan pada Sabtu, 27 Maret 2021. Gadis berusia 21 tahun itu akan bersaing dengan para kontestan dari 64 negara. Ivan Gunawan berharap Aurra bisa menjadi juara dan kebanggaan masyarakat Indonesia.

"Kita dukung dan doakan Aura agar menjadi juara pada ajang ini. Selain itu, harapan kami semoga Aura dapat memberikan inspirasi buat perempuan Indonesia," doanya.

Untuk memberi dukungan kepada Aurra Kharisma di ajang tersebut, caranya cukup mudah.

- Pantau chanel Grand TV di kanal YouTube

- Cari video Miss Grand Indonesia 2020, lalu klik, subscribe, dan like. 

Baca juga:

Cerita Ivan Gunawan Mendesain Mahkota Miss Grand Indonesia 2020