5 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Perawatan Rambut DIY

Ilustrasi kepala gatal. Shutterstock

kecantikan

5 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Perawatan Rambut DIY

Kamis, 25 Maret 2021 18:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak cara menghilangkan ketombe yang ditawarkan oleh berbagai produk perawatan rambut. Selain menggunakan produk OTC (over-the-counter), Anda juga bisa mencoba perawatan DIY dengan bahan-bahan alami yang mungkin sudah ada di rumah. 

Berikut 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. 

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil banyak digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis. Minyak ini juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe.

Tea tree oil efektif melawan jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Namun, minyak alami ini juga bisa menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sen

Ingatlah bahwa minyak pohon teh dapat menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Cara terbaik adalah mengencerkannya dengan menambahkan beberapa tetes carrier oil seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe. Minyak alami ini juga dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Minyak kelapa dan senyawanya juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dalam beberapa penelitian tabung reaksi, meskipun efek pada jenis jamur tertentu yang menyebabkan ketombe belum diteliti.

3. Lidah buaya

Saat dioleskan ke kulit, lidah buaya dipercaya dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin.

Menurut satu ulasan, sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga sering digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Keasaman pada cuka dipercaya membantu merangsang pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Cuka sari apel juga dikatakan dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

Jika Anda ingin mencoba cuka sari apel, tambahkan beberapa sendok makan ke sampo atau gabungkan dengan minyak esensial lain dan semprotkan langsung ke rambut.

Baca juga: 4 Manfaat Cuka Apel untuk Kulit Kepala dan Rambut

5. Baking soda

Soda kue adalah obat yang cepat, nyaman, dan tersedia untuk membantu mengatasi ketombe. Bahan ini diyakini bertindak sebagai exfoliant yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi scaling dan gatal-gatal. Soda kue juga memiliki khasiat antijamur yang dapat bermanfaat dalam pengobatan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda bisa dilakukan dengan mengoleskannya langsung ke rambut basah. Setelah itu pijat kulit kepala Anda, dan arkan selama satu atau dua menit, lalu lanjutkan keramas seperti biasa.

Baca juga: Tidur dengan Rambut Basah Bisa Sebabkan Ketombe dan Sakit Kepala

HEALTHLINE | MEDICAL NEWS TODAY