Rose Blackpink Pecahkan Rekor, Puncaki Dua Tangga Lagu Billboard

Rose Blackpink meluncurkan video musik On The Ground dari album solo pertamanya "R", Jumat 12 Maret 2021. Youtube.com/Blackpink

ragam

Rose Blackpink Pecahkan Rekor, Puncaki Dua Tangga Lagu Billboard

Selasa, 23 Maret 2021 20:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Rose Blackpink memuncaki dua tangga lagu Billboard lewat debut solonya, "On the Ground". Kedua tangga lagu itu adalah Billboard Global 200 dan Billboard Global Exclude US atau tangga Billboard Global Selain Amerika Serikat.

Peraihan posisi pertama dalam dua tangga lagu Billboard itu menandai rekor baru juga bagi BLACKPINK setelah sebelumnya hanya merajai Billboard Global dengan lagu “Lovesick Girls” pada Oktober 2020.

"Dia (Rose) sekarang artis pertama yang memimpin tangga lagu Global baik solo maupun dengan grup," demikian keterangan yang disampaikan Billboard lewat akun Instagram resmi mereka. 

Melansir Billboard, Selasa, dua tangga lagu global yang dirajai wanita kelahiran Selandia Baru itu merupakan sistem pemberian posisi berdasarkan banyaknya jumlah streaming dan penjualan dari 200 negara di dunia dan disusun ole MRC Data.

Billboard Global 200 merupakan data seluruh dunia sedangkan untuk Billboard Global selain Amerika Serikat adalah tangga lagu yang datanya berasal dari luar Negeri Paman Sam.

 
Lagu "On The Ground" telah meraup 85,7 stream. Hingga 12-18 Maret album fisiknya juga telah terjual sebanyak 22.000 keping di luar Amerika serikat.
 
Rose juga berhasil mencetak sejarah baru karena menjadi solois K-pop wanita yang berhasil mencapai posisi 70 di tangga Billboard Hot 100. Sebelumnya, pada tahun 2016, CL menjadi penyanyi solo perempuan asal Korea pertama yang masuk dalam Billboard Hot 100. Prestasi itu dicapai CL lewat lagu "Lifted" yang menduduki peringkat 94. 

Rose sebelumnya telah beberapa kali menduduki tangga lagu Billboard Hot 100 bersama Blackpink. Dikutip dari Billboard, peringkat tertinggi mereka sejauh ini adalah No. 13 untuk single kolaborasi dengan Selena Gomez, yakni "Ice Cream".

Baca juga: Detail Gaya Blackpink di Video Klip Ice Cream Blackpink dan Selena Gomez

Blackpink juga berada di 40 besar tangga lagu Hot 100, yakni di No. 33 untuk lagu "How You Like That" dan "Sour Candy" yang merupakan kolaborasi bersama Lady Gaga. 

Minggu lalu, Rose Blackpink menjadi penyanyi solo K-pop wanita pertama yang mencetak tempat di United Kingdom’s Official Singles Chart. Ia juga berhasil memecahkan rekor untuk penjualan album minggu pertama tertinggi untuk solois wanita K-pop, penayangan YouTube dalam 24 jam pertama tertinggi pada video musik oleh solois K-pop, streaming terbanyak dicapai dalam 24 jam oleh lagu yang secara resmi dirilis oleh solois K-pop di Spotify, dan banyak lagi.

Baca juga: Video Musik On The Ground Rose Blackpink Cetak Rekor Baru di YouTube

BILLBOARD | SOOMPI