BTS Pecahkan Rekor Guinness Lagi, Kali Ini Lewat Dynamite

Boy Band asal Korea Selatan, BTS. Foto/instagram/bts.bighitofficial

ragam

BTS Pecahkan Rekor Guinness Lagi, Kali Ini Lewat Dynamite

Rabu, 17 Maret 2021 22:21 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Para Army, selamat! Setelah kegagalannya di Grammy Awards 2021, BTS pecahkan rekor Guinness World Records lewat "Dynamite" untuk kategori "Most simultaneous viewers for a music video on YouTube Premieres". Video musik "Dynamite" ditonton oleh lebih dari 3 juta pemirsa secara bersamaan saat pemutaran perdana. Pengumuman ini disampaikan pihak Guinnes pada 16 Maret 2021.  

Sebelumnya, BTS pernah meraih gelar ini lewat video musik "ON" yang ditonton 1,54 juta pemirsa pada 27 Februari 2020. Rekor itu kemudian direbut oleh BLACKPINK dengan raihan 1,65 juta pemirsa untuk pemutaran perdana video musik "How You Like That" pada bulan Juni 26, 2020.

"Dynamite" dirilis pada 21 Agustus 2020, dan menurut angka resmi YouTube, video klip tersebut berhasil mengumpulkan 101,1 juta penayangan dalam 24 jam setelah dirilis.

Single "Dynamite" juga telah memasuki tangga lagu di 30 negara dan disertai dengan upload berikutnya ke YouTube dengan outtakes dan blooper dari video aslinya.

Guinness World Records mengonfirmasi, pada bulan September, video klip tersebut telah memecahkan rekor untuk total 3 kategori, yaitu:

1. Video YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam

2. Video musik YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam

3. Video musik YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam oleh K- grup pop

Selain itu, dikutip dari Guinness, saat ini BTS juga memegang beberapa gelar Rekor Dunia Guinness lainnya termasuk artis K-pop pertama yang mencapai nomor satu di tangga album AS dan kategori most twitter engagements.

Tahun ini BTS juga tercatat banyak memecahkan rekor. Mereka telah memecahkan rekor untuk album dengan penjualan tercepat (Korea Selatan) dengan album Map of the Soul: 7 dan pemirsa terbanyak untuk live streaming konser musik dengan Bang Bang Con: The Live.

Fan mereka yang dikenal sebagai Army BTS juga membantu mencetak rekor pada Maret 2019 untuk tagar yang paling banyak digunakan dalam 24 jam, yakni #TwitterBestFandom yang di-tweet 60.055.339 kali.

Band ini juga hanya membutuhkan waktu tiga jam 31 menit untuk mencapai pengikut senilai tujuh digit di aplikasi media sosial TikTok, mencatat rekor waktu tercepat untuk mencapai satu juta pengikut di TikTok.

Baca juga: Fix You Menggema Kembali Lewat Penampilan BTS di MTV Unplugged 2021

SOOMPI | GUINNESS WORLD RECORDS