Ingin Melahirkan Normal, Zaskia Sungkar: Banyak Doa Semoga Allah Mudahkan

Zaskia Sungkar dan Irwasnyag. Instagram.com/@zaskiasungkar15

ragam

Ingin Melahirkan Normal, Zaskia Sungkar: Banyak Doa Semoga Allah Mudahkan

Sabtu, 13 Maret 2021 05:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Zaskia Sungkar tengah menanti anak pertamanya. Ia berencana melahirkan bayi laki-lakinya secara normal. Hal itu ia ungkapkan saat konsultasi kehamilan minggu ke-35 ke dokter kandungannya.

"Sampe kemarin ketemu dokter yang terakhir, aku masih ngotot banget aku pengen (melahirkan) normal. Cuma kita lihat ya," ungkap istri Irwansyah itu dalam vlog "Lahiran Normal atau Caesar" yang diunggah di YouTube, Jumat, 12 Maret 2021.

Mendengar keinginan Zaskia, dokter memberi dukungan, asalkan kondisi kesehatan ibu dan anak baik-baik saja saat proses melahirkan. "Kalo semua (kondisi ibu dan bayi) bagus, yaudah lahir normal," jelas dokter Reino Rambey yang berpraktik di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Jakarta.

Meski begitu, Zaskia tak menutup kemungkinan melahirkan melalui operasi caesar. Ia akan memilih persalinan yang mengutamakan kesehatan ia dan bayi dalam kandungannya.

"Jadi, banyak-banyak doa aja mudah-mudahan Allah mudahkan. Tapi kalau misalnya harus caesar, gapapa juga, gak masalah. Yang penting akunya selamat, anaknya selamat," imbuhnya. 

(Paling kiri) Hamil 35 minggu, Zaskia Sungkar bagikan momen konsultasi ke dokter di Instagram, Rabu, 3 Maret 2021. Instagram/@zaskiasungkar15

Di trimester terakhir kehamilannya, kakak Shireen Sungkar itu disarankan untuk banyak bergerak, bisa dengan senam hamil atau berenang. Mendengar saran dokter, Irwansyah menimpali bahwa Zaskia malas berenang, meski ada kolam renang di rumah baru mereka. 

Zaskia lalu membela diri bahwa ia tidak malas, melainkan kondisi udara akhir-akhir ini terasa dingin untuknya. 

Zaskia juga semakin menjaga pola makan dengan mengurangi lemak dan karbohidrat. Mengurangi nasi adalah salah satu tantangan terberatnya.

"Ngurangin karbonya sih, dok. Enggak tau kenapa ya, nasi itu enak banget," tutur perempuan berusia 30 tahun itu.

Menjelang 10 tahun pernikahan, Zaskia Sungkar dan Irwansyah sepakat menjalani program bayi untuk memperoleh keturunan di pertengahan 2020. Keduanya kerap membagikan cerita soal kehamilan di laman media sosial. Salah satu yang mereka bagikan adalah diungkapnya jenis kelamin bayi dalam kandungan Zaskia dalam acara syukuran tujuh bulanan pada Januari 2021. Mereka akan dianugerahi bayi laki-laki.

Baca juga:

Curhat Zaskia Sungkar Mual dan Muntah Sepanjang Hari di Masa Hamil Muda