6 Tips Agar Obrolan di Aplikasi Kencan Berlanjut ke Pertemuan Nyata

Pertemuan di dunia nyata dengan seseorang yang kamu temui di aplikasi kencan akan membantu kamu menentukan arah selanjutnya. (Canva)

cinta

6 Tips Agar Obrolan di Aplikasi Kencan Berlanjut ke Pertemuan Nyata

Jumat, 5 Maret 2021 11:16 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak aplikasi kencan yang bisa membantu para single untuk mendapatkan pasangan. Setiap aplikasi memberikan tawarannya masing-masing yang menarik para pengguna untuk mencoba. 

Kamu mungkin salah satu orang yang gemar menggunakan aplikasi kencan untuk mencari pasangan. Tapi seberapa sering kamu pada akhirnya bertemu dengan seseorang dari aplikasi kencan di dunia nyata? 

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar bisa melanjutkan obrolan di dunia maya ke kencan in real life. 

1. Tampilkan foto terbaru yang menunjukkan kepribadianmu

Alih-alih memberikan foto selfie dengan filter lucu, tampilkan foto yang menampilkan kepribadianmu sebenarnya

Louise Troen, Vice President Pemasaran Internasional dan Komunikasi aplikasi kencan Bumble, dikutip dari Marie Clarie menyarankan pengguna untuk menampilkan foto solo yang bukan selfie. 

"Niatnya harus selalu untuk menunjukkan siapa Anda dan untuk membuat kesan pertama yang positif. Lebih baik daripada selfie, foto solo (diambil oleh orang lain) dan foto yang menampilkan kepribadian atau minat dan minat Anda selalu bekerja paling baik.

Ia menambahkan, "foto Anda adalah tentang menampilkan area kehidupan Anda yang sebenarnya, terutama area yang ingin Anda bagikan dengan seseorang. Dengan begitu, Anda akan merasa percaya diri saat bertemu dengan IRL."

Jangan lupa untuk memperbarui foto ketika kamu telah memiliki gaya baru, seperti setelah potong rambut.

2. Isi biografi dengan baik

Jangan membiarkan biografi akun dating apps kamu kosong atau hanya berisi emoji. Berilah keterangan soal dirimu dan apa yang kamu harapkan dari menggunakan aplilkasi kencan tersebut. 

"Biografi Anda adalah ruang untuk menetapkan niat Anda, jadi jika Anda adalah seseorang yang suka mengetahui calon jodoh Anda sambil minum atau melalui suatu aktivitas, jelaskan di awal," kata juru bicara Tinder kepada Refinery29.

Mereka menyarankan, "Sertakan beberapa aktivitas menyenangkan yang Anda minati untuk dicoba (...) - biarkan pasangan Anda memilih satu dan Anda akan memeriksa item daftar keinginan saat kencan pertama!"

Gunakan kata-kata yang paling menggambarkan dirimu sebenarnya. Satu hal yang harus dihindari menurut Troen adalah memasukkan dalam bio hal yang tidak kamu cari dalam diri orang lain. 

'Memberi tahu orang lain apa yang tidak Anda sukai membuat mereka lebih sadar diri, dan lebih cenderung untuk swipe left."

3. Jangan mulai percakapan dengan "hei"

Mungkin banyak dari kita yang bingung untuk memulai percakapan. Tapi menyapa dengan sekadar "hei" bukanlah hal yang tepat untuk menyapa seseorang di aplikasi kencan. 

“Pesan pembuka Anda benar-benar harus menonjol jika Anda ingin mendapatkan kencan IRL,” Melissa Hobley, Kepala Pemasaran Global di OkCupid, mengatakan pada Refinery29.

Dia menambahkan, "Satu hal yang membuat banyak orang bersalah adalah mengirimkan 'hai' sebagai pesan pertama. Ini tidak membuat siapa pun ingin terlibat dalam percakapan dengan Anda, dan sebenarnya memiliki 84% kemungkinan diabaikan sama sekali. ”

Tips untuk memulai percakapan, perhatikanlah profil mereka dan berilah komentar spesifik yang menarik perhatianmu. Misalnya, jika mereka menyukai musik yang juga kamu gemari, tanyakan komentar mereka soal musik tersebut.

4. Segera buat rencana pertemuan

Setelah percakapan mengalir, tanyakan kepada mereka apakah mereka ingin mengobrol sambil minum kopi di akhir pekan.

Ya, idealnya rencana ini untuk beberapa hari ke depan. Jangan menunggu hingga dua atau tiga pekan. Sebutkan pula lokasi dan waktu saat kamu menyampaikan rencana pertemuan ini. 

“Jika Anda tertarik bertemu dengan seseorang, buatlah rencana secepatnya! Semua orang sibuk, jadi jangan cari alasan untuk tidak bertemu, ”kata Hobley.

Juru bicara Tinder menambahkan, “Jangan bermain sesuai aturan dan tunggu 24, 48 atau 72 jam untuk mengajak seseorang berkencan!"

Jika percakapan kalian berdua mengalir, segeralah ajak dia untuk bertemu. Ini akan menghindari kalian berdua buang-buang waktu. Pertemuan IRL akan membuat kalian saling mendapatkan kesan yang berbeda dan tahu ke mana arah selanjutnya. 

5. Lakukan panggilan telepon sebelum bertemu

Mengangkat telepon dari seseorang yang belum pernah kita temui kadang memberikan perasaan canggung. Tapi ini penting ketika kalian berdua merencanakan pertemuan. 

Perbincangan di telepon akan menghilangkan perasaan canggung ketika pada akhirnya kalian benar-benar bertemu. 

“Ini akan mencegah Anda muncul untuk berkencan dan menyadari dalam lima detik pertama bahwa orang itu bukanlah orang yang Anda kira,” kata salah satu pendiri dan CEO Coffee Meets Bagel, Dawoon Kang kepada Refinery 29

6. Buat kencan pertama tetap santai

Hobley menyarankan untuk memulai dengan kencan di coffee shop daripada kencan makan malam yang lebih memakan waktu.

“Faktanya, 85% orang di OkCupid menyukai kencan 'ngopi' dan ketika ditanya, mayoritas orang mengatakan pergi minum kopi adalah ide kencan pertama yang terbaik - lebih dari makan malam atau minuman.”

Di masa pandemi, mungkin pertemuan dengan seseorang yang kamu temui di aplikasi kencan lebih sulit dilakukan. Pastikan kalian berdua saling mematuhi protokol kesehatan kala bertemu. 

Baca juga: 8 Tips Kencan Perempuan Lajang Usia 30-an, Pastikan Tahu yang Kamu Inginkan

REFINERY 29 | MARIE CLAIRE | INSTYLE | INSIDER