Leher Hitam Tidak Berbahaya, Tapi Bisa Jadi Sinyal Penyakit Serius

Leher hitam akibat resistensi insulin bisa dihilangkan dengan cara menurunkan berat badan. (Canva)

kesehatan

Leher Hitam Tidak Berbahaya, Tapi Bisa Jadi Sinyal Penyakit Serius

Kamis, 4 Maret 2021 17:16 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaLeher hitam adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika kulit bagian leher Anda terlihat lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Perubahan warna ini seringkali mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri. 

Dalam banyak kasus, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun penggelapan kulit bisa juga jadi tanda bahwa tubuh mengalami hal yang memerlukan perhatian serius.

Penyebab kulit leher hitam

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan leher berubah warna menjadi lebih gelap. Berikut selengkapnya.

Acanthosis nigricans

Ancathosis nigricans adalah suatu kondisi kulit menjadi gelap dan tebal, bahkan terasa seperti beludru. Kondisi ini bisa muncul di leher, ketiak, selangkangan, dan di lipatan tubuh lainnya. 

Meski bukan penyakit, tidak menular ataupun berbahaya, kondisi ini terkait dengan resistensi insulin seseorang. Mereka yang menderita pradiabetes atau diabetes mungkin mengalami kondisi ini. 

Ancathois nigricans juga bisa menjadi sinyal bagi kondisi yang lebih serius seperti, kanker, gangguan hormonal, dan kegemukan atau obesitas. 

Dermatitis neglecta

Dermatitis neglecta adalah suatu kondisi ketika kulit seseorang berubah warna karena tidak dicuci dengan benar. Ini terjadi setelah keringat, bakteri, sebum, dan materi lain menumpuk karena kurangnya kebersihan. 

Dermatitis neglecta adalah kelainan langka tetapi mudah diobati dengan menggosok area tersebut dengan sabun, air, atau alkohol. Sementara untuk pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh.

Pigmentasi kulit akibat obat

Hiperpigmentasi kulit dapat terjadi akibat konsumsi obat, seperti obat antiinflamasi nonsteroid, fenitoin, antimalaria, amiodarone, obat antipsikotik, tetrasiklin.

Perubahan warna bisa muncul di bagian tubuh manapun, termasuk leher. Warnanya berkisar dari coklat tua hingga biru kehitaman. 

Pigmentasi ini biasanya akan berkurang setelah penghentian konsumsi obat yang jadi penyebab. Namun, perubahan warna juga bisa terjadi dalam jangka panjang atau bahkan permanen. 

Cara mengatasi kulit leher hitam

Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab, sebelum mencari cara menghilangkan hitam pada leher. Ini diperlukan agar warna kulit leher benar-benar kembali seperti semula.

Leher hitam yang terjadi karena hiperpigmentasi akibat konsumsi obat, segeralah hentikan penggunaan obat apabila dimungkinkan. Sementara untuk kasus acanthosis nigricans biasanya bisa diatasi dengan penurunan berat badan. 

Jika perubahan warna leher terjadi dalam jangka panjang atau permanen, ada beberapa cara yang akan direkomendasikan oleh dokter kulit. Beberapa di antara pilihan pengobatan untuk leher hitam adalah pengelupasan kulit, obat resep (asam salisilat, Retin-A, dan asam alfa hidroksi, serta obat jerawat oral), hingga perawatan laser.

Baca juga: 4 Produk Ini Bisa Jadi Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

HEALTHLINE | MEDICAL NEWS TODAY