Kenali Sebab dan Tanda Otot Dasar Panggul Bermasalah

Ilustrasi wanita duduk menyilangkan kaki. shutterstock.com

kesehatan

Kenali Sebab dan Tanda Otot Dasar Panggul Bermasalah

Sabtu, 27 Februari 2021 18:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu letak otot dasar panggul? Otot tersebut berada dari tulang kemaluan hingga ke tulang ekor. Kesehatan otot tersebut berperan besar dalam kualitas hidup perempuan di antaranya menentukan daya cengkeram vagina saat bercinta, postur tubuh yang tegak, hingga aktivitas kandung kemih.

Otot tersebut bisa bermasalah karena beberapa sebab. Di antaranya kehamilan, gangguan pencernaan yang lama, batuk kronis hingga susah buang air besar yang menyebabkan otot dasar panggul dalam keadaan tegang terus-menerus.

Pertambahan usia juga membuat otot dasar panggul melemah. Bukan itu saja, olahraga mengangkat beban tanpa teknik pernapasan yang benar juga bisa memicu otot bermasalah.

Apa efeknya jika otot dasar panggul bermasalah? Jangan anggap enteng, jika kamu sering pipis secara tak sengaja saat tertawa, batuk, bersin, melompat atau olahraga. Ternyata, tidak bisa mengontrol aktivitas kandung kemih itu termasuk tanda otot dasar panggul bermasalah.

Sulit menahan pipis hingga sampai ke kamar mandi juga jadi sinyal otot bermasalah. Dalam tingkat yang lebih lanjut, bisa terjadi turunnya area organ reproduksi atau orang awam mengenalnya turun berok. Jika hal itu terjadi, perlu penanganan lebih lanjut dengan dokter.

"Tanda lain (otot dasar panggul bermasalah) nyeri pada saat berhubungan intim, keluar angin dari vagina, sulit menahan buang angin," jelas Azani Fitria atau Ani, pre and post natal corrective exercise specialist dan fitness trainer, dalam Instagram Live Cerita Cantika #24 "Mengencangkan Miss V", Jumat, 26 Februari 2021.

Menurut Ani yang juga bidan, keluar angin dari vagina atau Miss V termasuk kondisi yang tidak normal. Sebab tidak seharusnya angin keluar dari area tersebut. Apakah bisa diatasi? Tentu saja bisa dengan cara melatih otot dasar panggul.

Masih seputar bercinta, Ani menjelaskan bahwa otot dasar panggul yang bermasalah bisa bikin cengkeraman vagina jadi lemah atau lebih kuat. Jika terlalu kuat, akibatnya terasa sakit saat berhubungan karena dalam kondisi tegang ototnya. Sebaliknya, bila otot panggul mengendur ikut memengaruhi kenikmatan bercinta atau orgasme.

Lantas, bagaimana caranya untuk mengatasi masalah otot dasar panggul di fase awal. Mulai dari senam kegel, latihan intensitas rendah, perbanyak asupan kaya serat dan rutin minum air putih.

Mau tahu, seperti apa senam kegel yang benar menurut bidan Ani yang juga pengajar di Sana Studio untuk merawat kesehatan otot dasar panggul? Simak di ulasan berikutnya ya, teman Cantika.

Baca juga:

Sederet Manfaat Senam Kegel, Bukan Cuma untuk Kenikmatan Bercinta