Sederet Manfaat Senam Kegel, Bukan Cuma untuk Kenikmatan Bercinta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Senam kegel. tribecaphysicaltherapy.com

Senam kegel. tribecaphysicaltherapy.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat mendengar manfaat senam kegel, sejumlah wanita kerap mengaitkannya dengan kenikmatan bercinta atau orgasme. Faktanya, senam kegel punya beberapa manfaat lainnya yang mungkin terlewatkan bagi kamu atau kamu sudah mengetahuinya tapi kerap melupakannya. Kini, saatnya kita saling berbagi lagi, teman Cantika.

Senam kegel adalah latihan sederhana untuk memperkuat otot-otot dasar panggul. Otot ini memberikan dukungan pada organ panggul, termasuk rahim, kandung kemih, dan usus. Seiring dengan pertambahan usia, otot di area dasar panggul tambah melemah. 

Bagi perempuan, pelemahan otot panggul juga bisa dipicu oleh kehamilan, persalinan, dan penambahan berat badan. Lemahnya otot panggul menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk kesulitan mengontrol buang air kecil, kesulitan mengontrol pencernaan, dan penurunan kualitas seksual. 

"Ketika wanita mengalami kelonggaran pada dasar panggul setelah melahirkan, kegel dapat membantu membangun otot-otot tersebut dan memfasilitasi proses penyembuhan," ujar Leah Millheiser, Direktur Female Sexual Medicine Program at Stanford University School of Medicine. 

Baca juga: 3 Latihan Otot Panggul untuk Menguatkan Otot Miss V

Ia menambahkan bahwa latihan ini juga membantu mencegah gejala inkontinensia. Dengan kata lain, jika Anda sering buang air kecil tak sengaja saat tertawa, batuk, atau bersin, kegel dapat membantu mengatasinya.

"Ini bukan obat untuk mengatasi inkontinensia, tapi ini bisa bantu mencegahnya," ujar Millheiser.

Selain itu, senam kegel juga membantu memperbaiki kehidupan seks perempuan yang biasanya mulai menurun setelah melahirkan dan pertambahan usia. 

“Orgasme adalah kontraksi ritmis dari dasar panggul. Memperkuat otot-otot itu berpotensi membantu orgasme tersebut menjadi lebih intens,” ungkapnya.

Karena membantu orgasme, senam ini sangat direkomendasikan untuk wanita yang mengalami menopause atau perempuan yang makin jarang mengalaminya.

Tapi, meskipun Anda tak memiliki masalah inkontinensia atau orgasme, kegel direkomendasikan dari rutinitas perawatan kesehatan miss V.

Asyiknya, latihan ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda bisa melakukannya sambil bekerja, mengantre di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), makan, atau sedang santai di rumah.

Untuk melakukan latihan ini, ketahui terlebih dahulu otot yang tepat, cari posisi nyaman, dan konsisten dilakukan tiap hari.  

Senam kegel bisa dilakukan dengan menahan otot seperti ingin menahan kencing. Anda akan merasakan otot terangkat. Cara lain adalah dengan meremas otot-otot seperti ingin menahan buang gas.

Latihan ini dilakukan bergantian, menahan otot dasar panggul selama 3 detik, lalu lepaskan selama 3 detik. Lakukan gerakan ini 10 kali berturut-turut untuk satu set. Lakukan satu set 10 kegel sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

MILA NOVITA | HEALTHLINE | WOMEN'S HEALTH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."