Ivan Gunawan Rilis 42 Koleksi Idul Fitri 2021, Ada Detail Kerah Besar dan Pita

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ivan Gunawan merilis 42 busana bertajuk Love, Hope & Happiness sebagai koleksi terbarunya menyambut Hari Raya Idul Fitri 2021. Foto: Dok. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan merilis 42 busana bertajuk Love, Hope & Happiness sebagai koleksi terbarunya menyambut Hari Raya Idul Fitri 2021. Foto: Dok. Ivan Gunawan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perancang busana Ivan Gunawan melalui lini busana muslim Mandjha Hijab dan Khalif Men's Wear merilis koleksi teranyar menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2021. Bertajuk Hope, Love & Happines, Ivan Gunawan memamerkan 42 koleksi busana wanita dan pria dalam fashion show atau peragaan busana secara virtual.

Peragaan busana itu telah berlangsung beberapa waktu lalu bertempat Gedong Putih, Bandung, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Ivan Gunawan mengungkapkan inspirasi tema Hope, Love & Happines berangkat dari perjuangan di tengah situasi pandemi. Ia ingin menggambarkan tiga rasa itu ke dalam desain busana yang nyaman di mata dan tetap keren dipakai di Hari Raya Idul Fitri 2021.

"Kenapa saya memberikan nama Hope, Love & Happiness karena sebenarnya karya ini tercipta dari situasi hati saya yang 2020 ke 2021 pastinya banyak sekali struggle atau cobaan itu sendiri. Dan saya merasa bahwa hope itu adalah sebuah harapan. Bahwa di dalam kehidupan ini saya berharap bahwa harapan di depan mata itu semakin terang. Love dikarenakan kita hidup pastinya harus berdasarkan cinta gitu," ungkap Ivan Gunawan dalam konferensi pers Manjdha Hijab Ivan Gunawan, Hope, Love & Happiness via aplikasi video pada Kamis, 25 Februari 2021.

Menurut Ivan Gunawan, desain koleksi Hope, Love & Happiness telah disiapkan sejak Agustus 2020. Untuk pilihan warna koleksinya, ia memilih warna-warna yang menenangkan menurutnya. Selain lilac yang menjadi andalannya, ada pula peach, plum, pink, olive, hijau army, navy, putih, hitam, dan kuning mustard.

Koleksi busana Hari Raya Idul Fitri 2021 bertajuk Hope, Love, Happiness karya Ivan Gunawan. Foto: Dok. Ivan Gunawan

Ivan melanjutkan bahwa ia tak ingin menggunakan warna-warna yang kuat di koleksi hari raya tahun ini karena bisa memicu suasana hati yang panas. Untuk pilihan corak, ia menyuguhkan ragam bunga, kotak-kotak, hingga quotes dalam kehidupan.

Bicara soal bahan pakaian, mengingat suasana Idul Fitri 2021 masih di tengah pandemi dan banyak aktivitas di rumah, ia memilih bahan yang adem sekaligus tak mudah kusut demi kebutuhan foto.

"Bahan dasarnya enggak panas, tidak mudah kusut," jelas desainer berusia 39 tahun itu.

Beralih ke desain busana, Ivan Gunawan konsisten menawarkan koleksi Mandja Hijab yang bisa dipadupadankan dengan busana lainnya. Contohnya, celana potongan tinggi di atas pinggang (high waist), celana palazzo, blus hingga luaran (outer). Ia juga mendesain busana syar'i seperti gamis panjang dan longgar.

Koleksi busana Hari Raya Idul Fitri 2021 bertajuk Hope, Love, Happiness karya Ivan Gunawan. Foto: Dok. Ivan Gunawan

Menilik detail busana, Ivan banyak menggunakan pita, belt, ruffle, lengan puff hingga kerah besar. Menurutnya, kerah besar itu dijahit terpisah sehingga bisa dikenakan di penampilan lain.

"Saya juga membuat satu terobosan aksen kerah besar, kerah itu bisa dipindah-pindah. Semua kerudung saya matching dengan masker. Saya juga banyak membuat outer yang (desainnya) melayang," tukasnya.

Koleksi busana Hari Raya Idul Fitri 2021 bertajuk Hope, Love, Happiness karya Ivan Gunawan. Foto: Dok. Ivan Gunawan

Beragam koleksi Ivan Gunawan itu juga dilengkapi dengan tas, topi model bucket, rantai kacamata, dan masker. Untuk kerudung, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150 ribuan, sedangkan untuk harga busana dibanderol dari Rp 250 ribu sampai Rp 1,5 juta. Koleksi tersebut juga sudah bisa didapatkan pada Maret 2021.

Baca juga:

Buongiorno 2020, Koleksi Busana Hari Raya Ivan Gunawan yang Terinspirasi Keindahan Italia

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."