5 Kiat Memakai Kain Sari untuk Pemula, Pilih Bahan Organza atau Sifon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sejumlah wanita memakai kain sari. Unsplash.com/Amish Thakkar

Ilustrasi sejumlah wanita memakai kain sari. Unsplash.com/Amish Thakkar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kain sari salah satu pakaian tradisional wanita India. Aneka warna dan motif menjadi pesonanya. Sejumlah wanita sudah terbiasa memakai kain sari dalam kesehariannya, tapi tidak untuk beberapa perempuan yang baru mencoba.

Ada sejumlah trik agar kain sari membungkus tubuh dengan sempurna dan tetap nyaman dipakai. Mulai dari pemilihan bahan kain sari hingga bentuk rok dalam yang pas badan.

Melansir laman Times of India, Jumat, 26 Februari 2021, berikut lima tips memakai kain sari untuk pemula

1. Pilih kain sari yang bahannya ringan

Pertama, jangan pernah berpikir untuk memakai kain sari Kanjeevaram atau Banarasi. Sebagai gantinya, pilihlah kain sari yang lebih ringan seperti sifon atau organza.

2. Lipat dulu kain sarinya

Langkah penting berikutnya adalah melipat kain sari terlebih dahulu. Yah, ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian wanita, tapi itu salah satu tip yang berguna. Jika Anda bisa melipat sari Anda terlebih dahulu dan mengumpulkannya dengan penjepit, Anda bisa langsung memasangnya seperti saat Anda mengenakan rok.

Yang harus Anda lakukan adalah mengambil perkiraan kasar lingkar pinggang Anda, bagi kain sari menjadi lipatan yang sama, lalu rapatkan semua lipatannya dan kenakan seperti rok.

3. Sematkan dengan baik

Memakai kain sari tak bisa lepas dari jepitan atau peniti yang dikaitkan ke bagian dalam busana. Beberapa orang kerap melewatkannya, padahal ini kunci bagi pemula untuk menjaga penampilan kain sari. 

4. Bereksperimen dengan blus

Karena ini pertama kalinya Anda menggunakan kain sari, coba bereksperimen dengan blus. Anda dapat memilih dari blus dengan potongan kerah dalam atau blus gaya kemeja.

5. Pilih rok yang pas

Kenakan rok dalam yang pas badan mengikuti lekuk tubuh Anda dan semakin menonjolkan tampilan kain sari Anda.

TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."