Tips Memilih Warna Rambut, Ketahui Dulu Warna Kulitmu

Mengenali rona kulit akan membantumu menemukan warna rambut yang tepat. (Canva)

kecantikan

Tips Memilih Warna Rambut, Ketahui Dulu Warna Kulitmu

Selasa, 23 Februari 2021 23:47 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi memaksa kita berada di rumah lebih lama. Kebosanan seringkali tak dapat dihindari. Beberapa dari kamu mungkin ingin mewarnai rambut. Kamu yang baru pertama kali mengganti warna rambut mungkin masih merasa deg-degan. Tapi tenang, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari warna rambut yang bagus untuk kulitmu. 

Salah satu yang bisa membantumu menemukan warna rambut yang tepat adalah dengan mengetahui warna kulit. Berikut tips dari Bustle untuk kamu yang akan mewarnai rambut.

1. Cuci bersih wajah dari riasan 

Untuk menentukan rona kulit secara akurat, kamu harus menghapus semua sisa riasan yang mungkin mengubah warna aslinya.

2. Perhatikan warna kulit di ruangan yang cukup terang 

Warna kulit akan terlihat sangat berbeda di bawah jenis cahaya yang berbeda. Pilih ruangan dengan jendela besar atau sumber cahaya alami lain sebelum melakukan tes warna.

3. Lakukan tes warna baju

Salah satu cara termudah untuk mengetahui rona kulit adalah dengan mencoba pakaian yang ada di lemarimu. “Pilih blus atau kemeja favorit Anda, yang membuat kamu merasa terbaik, dan membuatmu dipuji semua orang,” kata pendiri Colective & Co Collective dan pewarna profesional Deb Rosenberg. “Warna apa kemeja itu? Jika warnanya kuning, oranye, atau persik, kemungkinan kamu memiliki warna kulit yang hangat. Jika warnanya biru, hijau, atau ungu, kamu mungkin memiliki warna kulit yang dingin. Jika kamu terlihat luar biasa dalam keduanya, warna kulit kamu netral." 

4. Periksa pembuluh darah dan mata

Ada banyak tips soal warna rambut untuk kulit sawo matang, kuning langsat, dan pucat. Tapi jika masih ragu dengan warna kulitmu, lihat pembuluh darah di pergelangan tangan. Chelsea Bulte, pewarna di salon favorit selebritas Nine Zero One, berkata, “Balikkan pergelangan tangan. Apakah kamu melihat urat warna kehijauan? Artinya, rona kulit kamu lebih hangat. Jika urat berwarna biru atau ungu, itu berarti warna kulit kamu lebih dingin.

Setelah mengenali warna kulit, kamu dapat melanjutkan ke bagian yang menyenangkan, yakni memilih warna rambut. Terlepas dari warna kulit dan warna rambut yang ingin kamu dapatkan, Rosenberg menyebut, "Kamu harus memastikan bahwa kedalaman warna setidaknya dua tingkat lebih gelap atau lebih terang dari kulit" agar kamu tidak terlihat kusam.

Baca juga: Inspirasi Warna Rambut Lady Gaga di MTV VMA 2020, Langit Senja Salah Satunya

BUSTLE