Tips Makeup Memilih Lipstik Gelap yang Sesuai Warna Kulit

Ilustrasi wanita menggunakan lipstik berwarna gelap. Unsplash.com/Aurore Birds

kecantikan

Tips Makeup Memilih Lipstik Gelap yang Sesuai Warna Kulit

Rabu, 29 Mei 2019 05:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Buat yang terbiasa menggunakan lipstik berwarna lembut atau terang, mungkin akan sedikit menakutkan untuk mencoba lipstik warna-warna yang lebih gelap. Jika ingin mencobanya, hal pertama harus dilakukan adalah kamu harus menemukan lipstik gelap yang sesuai dengan warna kulit dan kedua pahami cara menerapkan lipstik gelap dengan baik.

Baca juga: Hindari Bibir Menghitam dengan Memilih Lipstik yang Tepat

Sebelumnya, tentu saja memperhatikan kondisi bibir agar hasil pulasan lipstik terlihat lebih rapi dan lembut. “Salah satu trik yang paling gampang adalah dengan menyikat lembut bibir menggunakan sikat gigi seminggu sekali,” ujar makeup artist global bareMineral SJ Froom. Hal ini bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit bibir, sehingga menghasilkan kulit yang lebih lembut.

Selanjutnya adalah aplikasikan foundation pada bibir untuk menetralkan warna bibir alami dan membiarkan pigmen lipstik tetap melekat pada warnanya. Berikan definisi bibir dengan lip liner. “Tidak selalu garis penuh, tapi pada lengkungan, atas, dan bawah bibir, lalu baurkan dengan cotton bud agar terlihat alami,” ujar Froom seperti dilansir dari Cosmpolitan UK. Setelah itu pulaskan bibir menggunakan kuas bibir. Lalu lakukan teknik  menggunakan tisu pada bibir, pulaskan bedak transparan di atas tisu dan oleskan lipstik kembali.

Jika kamu baru pertama kali mengaplikasikan lipstik berwarna gelap, Froom menyarankan untuk memilih lipstik berwarna ungu muda atau mauve dibanding dengan lipstik bernuansa berry gelap. Hindari warna lipstik yang dapat membuat gigi terlihat kuning. "Karena biru berlawanan dengan kuning pada roda warna, jadi menggunakan lipstik berbasis biru akan membuat gigi kamu terlihat lebih terang dan putih,” ujarnya.

Lipstik berwarna gelap seringkali bisa membuat bibir tipis terlihat lebih kecil. Triknya adalah gunakan lip gloss pada bagian tengah bibir untuk membuat bibir terlihat lebih penuh. Tapi jika kamu memiliki bibir yang penuh, gunakan liptik matte agar hasilnya lebih bagus. Berikut ini cara memlih warna lipstik gelap sesuai dengan warna kulit.

#1. FairLipstik gelap akan terlihat sangat bagus pada kulit yang terang, karena kontras antara kulit terang dan bibir gelap. Lipstik bernuansa berry dengan warna dasar biru dapat terlihat bagus pada jenis kulit ini. Tapi jika kamu memiliki kulit dengan undertone warna pilih lipstik dengan warna dasar kuning.

#2. Light mediumJika warna kulit kamu lebih terang ke medium, cenderung berada di sisi netral atau hangat. Warna berry atau terakota gelap akan terlihat lebih baik.

#3. OliveUntuk kulit cokelat atau warna kulit seperti zaitun, dengan undertone warna emas, lipstik berwarna cokelat pilihannya. Warna kulit yang lebih hangat, pilih warna yang lebih oranye. Warna dingin harus memilih lipstik berwarna dasar biru.

#4. GelapKulit yang berwarna gelap justru dapat memilih warna lipstik yang jauh lebih berani, apakah lebih gelap atau lebih terang. Kunci untuk menemukan warna lipstik yang sempurna untuk kulit kamu adalah memilih warna dasar yang tepat agar sesuai dengan warna kulit.