Inspirasi Warna Rambut Lady Gaga di MTV VMA 2020, Langit Senja Salah Satunya

Lady Gaga menerima penghargaan di MTV Video Music Awards 2020 (Instagram/@nicolaformichetti)

kecantikan

Inspirasi Warna Rambut Lady Gaga di MTV VMA 2020, Langit Senja Salah Satunya

Selasa, 1 September 2020 13:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan Lady Gaga di setiap ajang penghargaan tak pernah lepas dari sorotan, termasuk saat menghadiri MTV Video Music Awards (VMA) 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada Ahad, 30 Agustus 2020 atau Senin pagi waktu Indonesia. Penyanyi 34 tahun itu punya faktor X yang membuat penampilan eksentrik hingga elegannya selalu memikat perhatian. 

Selain sembilan busana plus masker yang digunakannya selama MTV VMA 2020, penampilan warna rambut pelantun lagu Shallow ini juga menyimpan ragam kisah. Inspirasi warna rambut panjang Lady Gaga diungkap oleh penata rambut kesayangannya, Frederic Aspiras.

Menurut Aspiras, warna rambut Gaga mencerminkan filosofi di balik album terbarunya, yaitu Chromatica. “Cinta mengilhami penampilan,” kata Aspiras kepada Page Six Style setelah acara penghargaan. “Warna itu membawa semua elemen bumi, angin dan api.”

Baik rambut karpet merah biru-abu-abu yang berkilauan maupun penampilan nuansa lavender dimaksudkan untuk mewakili langit di pagi hari sebelum matahari terbit dan langit kala senja.

Penyanyi Lady Gaga di karpet merah MTV VIdeo Music Awards 2020. Lady Gaga mengenakan gaun silver bersiluet jaket parka itu merupakan koleksi couture Fall Winter 2020 Area. Instagram/@ladygaga

“Gaga ada untukku selama masa sulit dalam hidupku ketika ibuku meninggal bulan Juni ini. Saya ingat suatu hari ketika saya berada di rumahnya di Malibu, dia meminta saya untuk melihat ke langit dan [berkata saya akan] menemukan roh ibu saya masih bersama saya,” kenang Aspiras.

Aspiras juga menciptakan warna rambut hijau khusus untuk Gaga saat menonton pertunjukannya di rumah. Ia menamai warna rambut itu "Suzie’s Ocean Blond" mewakili nama mendiang ibu Aspiras, Suzie L. Nguyen, yang juga seorang penata rambut dan inspirasinya.

Untuk menciptakan warna rambut perak Lady Gaga di karpet merah MTV VMA 2020, Aspiras mencampurkan Intensitas warna Joico dalam True Blue dan Clear untuk menciptakan rona biru muda dan menciptakan efek krom secara terpisah dengan Silver Ice dan Violet Pearl.

Untuk menata wignya, Aspiras menggunakan alat khusus seperti sikat panas untuk menonjolkan kilau, lalu menciptakan efek riak air menggunakan catokan rambut.

Di penampilan Lady Gaga dengan Ariana Grande menyanyikan Rain on Me, Aspiras mencampurkan intensitas warna Joico dalam Mermaid Blue dan Clear untuk warna keseluruhan, kemudian mencampurkan Blush dan Mutiara Violet dalam mangkuk terpisah, berhati-hatilah agar tidak mencampur keduanya secara menyeluruh agar tercipta warna pink marmer dan efek ungu. 

Duet Lady Gaga dan Ariana Grande membawakan single "Rain on Me" di ajang MTV VMAs 2020, Ahad, 30 Agustus 2020. Sebagian besar penampilan telah direkam sebelumnya untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. VIACOM/Handout via REUTERS

Pada tampilan kedua Lady Gaga, Aspiras menambahkan warna merah muda cerah di akar rambut Lady Gaga. "Itu untuk meniru warna matahari yang terbenam dan pink intens di langit," imbuhnya.

Di mata Aspiras, selain bicara soal penampilan, perjalanan karier Lady Gaga turut mempengaruhi karyanya.

“Perjalanan Lady Gaga selama bertahun-tahun telah menginspirasi saya untuk menciptakan gaya rambut dan kombinasi warna yang merangkum perjalanan tersebut,” kata Aspiras. "Ia tangguh, pemberani, si jenius musik, visioner, dan manusia yang percaya pada cinta dan kebaikan di dunia."

Aspiras membocorkan kreasi rambut Lady Gaga tak hanya berhenti di sini. Dalam waktu dekat, ia akan kembali berevolusi.

"Mengharapkan yang tak terduga! Ini semua tentang perayaan dan pembebasan di era ini, "ungkapnya memberikan petunjuk kepada Page Six Style.

SILVY RIANA PUTRI | MILA NOVITA