Tips Kencan Virtual untuk Kamu yang Terpaksa LDR di Masa Pandemi

Kencan virtual bisa dilakukan dengan beragam kegiatan. Ilustrasi: Canva

cinta

Tips Kencan Virtual untuk Kamu yang Terpaksa LDR di Masa Pandemi

Kamis, 11 Februari 2021 10:16 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Kencan identik dengan pertemuan. Sebelum pandemi datang, ide kencan biasanya berkisar pada nonton bioskop bersama, makan malam romantis, hingga berlibur ke Bali. Pembatasan sosial kini tampak jadi hambatan dua sejoli untuk berkasih mesra. Pertemuan-pertemuan harus diganti dengan percakapan virtual. 

Setahun berlalu, mungkin kamu kehabisan ide kala harus ngobrol lewat sambungan video call atau chat Whatsapp. Angka pencarian Google untuk topik virtual date pun sempat meningkat tajam di Amerika Serikat. Beragam ide kencan virtual pun merebak di laman Pinterest. Jika dulu kisah kasih LDR atau long distance relationship bukan milik orang banyak, sekarang lebih banyak yang terpaksa mengalaminya. 

Mengobrol dengan pasangan mungkin kamu anggap cukup. Tapi kencan perlu juga dilakukan. Istilah yang dalam bahasa Inggris disebut dating ini dapat membuat kamu mengenal pasangan lebih dalam, demikian pula sebaliknya. Untuk pasangan yang sudah lama menjalin hubungan, kencan bisa jadi jawaban soal berapa besar ketertarikan yang masih tumbuh di antara kalian berdua. 

Kala berkencan biasanya pasangan melakukan sejumlah aktivitas. Dengan sedikit kreativitas dan penyesuaian, hal-hal menyenangkan yang biasa dilakukan saat berkencan tetap bisa kamu lakukan secara virtual. 

Nah, ini dia sejumlah tips kencan virtual yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Masak bareng

Adegan masak Cinta dan Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta? jadi salah satu ide kencan ikonik di tahun 2000-an. Kegiatan ini bisa kamu lakukan juga secara virtual. Ajak pasanganmu memasak menu-menu sederhana. Kamu bisa juga contek konsep Back-to-Back Chef seperti yang dilakukan Rich Brian dan seorang chef profesional agar acara masak barengmu makin seru. Kalau sudah selesai, kamu bisa menyantap hasil masakan sambil mengobrol berdua. Tambahan ide lainnya, nih, jika rumah kalian berjarak tak lebih dari 25 km, kalian bisa saling bertukar makanan dengan menggunakan kurir online. Ini saatnya pembuktian, soal siapa yang lebih jago masak.

2. Olahraga bersama 

Olahraga jadi aktivitas yang selalu kalian lakukan sendiri-sendiri? Sekarang waktunya berolahraga bersama. Pasang smartphone di monopod, putar lagu kesukaan kalian, dan mulai lah berhitung. Lakukan gerakan-gerakan mudah dan seru. Kalian juga bisa melakukannya dengan memutar video tutorial secara bersamaan. Selain menyenangkan, olahraga tentu akan membuat kalian tetap bugar.  

3. Wisata romantis ke Paris 

It's time for Tour du Louvre. Menikmati keindahan kota Paris yang romantis tak perlu naik pesawat. Kamu bisa mengunjungi museum terbesar di Perancis ini dengan sekali klik. Tentu ide ini cocok buat pasangan yang memang menyukai seni dan sejarah kebudayaan. Bukan hanya Louvre, kamu juga bisa mengunjungi museum-museum besar lainnya di dunia. Cukup gunakan kata kunci 'virtual tour' atau 'walking tour' dan tambahkan nama museum yang kamu cari di kolom pencarian YouTube.

4. Double Date Virtual

Pasangan yang doyan hangout, tentunya rindu dengan acara kumpul-kumpul bersama. Thank God, ada aplikasi bernama Zoom dan Google Meet. Kamu bisa atur pertemuan dengan teman-temanmu lengkap dengan pasangan mereka. Yap, bukan hanya double date, triple date juga bisa kamu lakukan. Kencan bersama baik untuk hubungan kedua pasangan. Dengan double date, kalian akan mengenali siapa saja teman yang mampu menjadi support system dalam hubungan kalian.  

5. Tanyakan 36 pertanyaan mendasar

Daftar pertanyaan ini dibuat oleh psikolog asal Amerika Serikat, Dr. Arthur Aron pada 1997 untuk sebuah penelitian terkait hubungan perempuan dan laki-laki heteroseksual. Eksperimen ini sempat populer setelah sebuah artikel tentang pengalaman Mandy Len Carton kala mencoba pertanyaan ini terbit di New York Times pada 2015. "36 Question" dibagi menjadi 3 bagian. Kamu bisa menggunakan daftar pertanyaan ini saat kencan virtual dan buktikan apakah kamu telah menemukan cinta sejati.

Baca juga: 7 Kesalahan Pemicu Kandasnya Hubungan LDR