Ingin Menurunkan Kolesterol Jahat, Mulailah dengan Menu Ini Saat Sarapan

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

kesehatan

Ingin Menurunkan Kolesterol Jahat, Mulailah dengan Menu Ini Saat Sarapan

Sabtu, 30 Januari 2021 08:10 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kolesterol jahat yang tinggi di dalam darah meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, termasuk kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan.

Untuk menekan kadar kolesterol mulainya mengubah pola makan. Dilansir dari Express.co,uk, beberapa makanan ini dapat menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi saat sarapan.

Jus jeruk

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, konsumsi jus jeruk jangka panjang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Jus jeruk membantu mengambil kolesterol LDL dari arteri dan memindahkannya ke hati untuk dikeluarkan. Penelitian ini melibatkan 103 pria (18–66 tahun) dan 26 wanita (18–65 tahun) yang mengonsumsi jus jeruk secara rutin setiap harinya. Studi tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang minum jus jeruk jangka panjang memiliki kadar kolesterol total, kolesterol LDL yang lebih rendah dan melihat peningkatan folat dan vitamin C dalam makanan mereka.

Minum jus jeruk terbukti mengurangi faktor risiko lain untuk penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi. Sebuah tinjauan mencatat bahwa minum jus buah efektif untuk menurunkan tekanan darah diastolik (angka terbawah dari pembacaan tekanan darah) pada orang dewasa.

Alpukat

Alpukat sangat bergizi, mengandung vitamin E, kalium, niasin, lemak tak jenuh tunggal, dan serat larut. Alpukat juga mengandung mineral bermanfaat, seperti zat besi, tembaga dan vitamin B, juga folat.

Diet yang terdiri dari alpukat dengan pembatasan lemak jenuh terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Data mengungkapkan bahwa diet tanpa alpukat meningkatkan kadar triasilgliserol. Lemak tak jenuh, jenis yang ditemukan dalam alpukat, dianggap jenis lemak sehat. Dan alpukat tidak memiliki kolesterol sama sekali.

Baca juga: 4 Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Baik lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, menjadikan alpukat sebagai makanan yang menyehatkan jantung.

Untuk mengurangi kolesterol, kurangi makanan berlemak, terutama makanan yang mengandung jenis lemak yang disebut lemak jenuh. Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol LDL - jenis kolesterol berbahaya yang mengendap di dalam arteri. 

Menurut NHS, lemak jenuh dapat ditemukan pada pai daging, sosis, dan daging berlemak, mentega, lemak babi, dan ghee. Krim dan keju keras seperti cheddar, kue dan biscuit, juga makanan yang mengandung minyak kelapa atau minyak sawit juga mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.