Ini 5 Hal yang Bisa Terjadi jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Madu

Ilustrasi madu. shutterstock.com

kesehatan

Ini 5 Hal yang Bisa Terjadi jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Madu

Jumat, 8 Januari 2021 12:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Madu sering dijadikan alternatif gula yang lebih sehat karena dianggap lebih alami. Pemanis dari nektar bunga ini dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Jadi, konsumsi madu pun semakin meningkat di masa pandemi. 

Namun pernahkah terpikir jika ada kemungkinan efek samping dari mengonsumsi madu jika berlebihan? Dilansir dari Times of India, Kamis, 7 Januari 2021, ini efek terlalu banyak madu yang perlu diwaspadai.

1. Meningkatkan kadar gula darahMadu kaya akan gula dan karbohidrat. Jadi, mengonsumsinya terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar gula darah. Jadi, untuk penderita diabetes ini tidak terlalu aman.

2. Risiko masalah pencernaanMasalah pencernaan seperti sembelit bisa menjadi lebih buruk dengan terlalu banyak mengonsumsi madu. Kandungan fruktosa yang tinggi dalam madu dapat menyebabkan konstipasi, meski sebelumnya tidak memiliki masalah apa pun. Terlalu banyak madu juga dapat menyebabkan kembung atau diare karena tubuh tidak dapat mencerna banyak gula sekaligus.

3. Menurunkan tekanan darahMadu berkhasiat untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Namun bila dikonsumsi secara berlebihan dapat pula menurunkan tekanan darah di bawah normal disebut juga hipotensi. Dalam jangka panjang, tekanan darah rendah dapat memengaruhi fungsi jantung.

4. Kenaikan berat badanJika sedang menjalani diet penurunan berat badan, sangat penting untuk mengontrol jumlah madu yang dimakan. Kelebihan kalori, gula dan karbohidrat meskipun itu dari madu dapat menjadi bumerang bagi target penurunan berat badan.

5. Menyebabkan masalah gigiTerlalu banyak madu berarti terlalu banyak gula, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Menurut Database Nutrisi Nasional USDA, sekitar 82 persen madu adalah gula. Madu bersifat lengket, yang artinya dapat melekat dan semakin meningkatkan kerusakan gigi.

Agar tidak berlebihan, sebaiknya takar asupan madu harian. Konsumsi madu yang optimal adalah 50 milikiter setiap hari sudah optimal. Jangan berlebihan jika tak ingin mengalami masalah-masalah di atas.