ASI Chelsea Olivia Mampet, Ini yang Dilakukan Glenn Alinskie

Pasangan seleb Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie memilih liburan Natal ke San Francisco, California. Keduanya pun mengunggah beberapa foto kebersamaan mereka dengan sang buah hati Nastusha Olivia Alinskie di California ke akun Instagram mereka. instagram.com/chelseaoliviaa

kesehatan

ASI Chelsea Olivia Mampet, Ini yang Dilakukan Glenn Alinskie

Kamis, 5 November 2020 19:30 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, JakartaChelsea Olivia menyampaikan kesulitan dalam memberi ASI Eksklusif kepada putranya, Dante Oliver Alinskie. Istri dari Glenn Alinskie ini mengatakan produksi ASI tak sesuai harapan.

"ASI kembali mampet! Kondisi kali ini lebih parah dari yang kemarin," kata Chelasea Olivia di Instagram Story pada Rabu, 4 November 2020. Chelsea Olivia sudah melakukan berbagai upaya untuk memperlancar produksi ASI. Mulai dari kompres air hangat, Direct Breastfeeding atau DBF alias menyusui langsung kepada bayi, dan pijat relaksasi. "Tetap yang keluar hanya segini."

Kondisi yang dialami Chelsea Olivia ini bernama clogged milk ducts, yaitu tersumbatnya saluran ASI. Akibatnya, ASI tidak keluar dengan lancar dan membuat payudara sakit, bahkan hingga membengkak, dan tidak nyaman saat menyusui.

Selain memijat relaksasi sendiri, Chelsea Olivia meminta bantuan Glenn Alinskie. Dia mengunggah video saat Glenn memijatnya di area punggung. "Ga enak badan seharian karna ASI clogs. Cara terakhir dipijat oksitosin sama suami. Terima kasih, sayang," tulis Chelsea Olivia.

Chelsea Olivia menggendong anak keduanya, Dante Oliver Alinskie (Instagram/@chelseaolivia)

Mengutip Healthline, clogged milk ducts terjadi ketika saluran ASI di payudara tersumbat. Pemicunya antara lain payudara tidak dikosongkan sepenuhnya setelah menyusui, bayi melewatkan waktu menyusu, atau ibu sedang stres. Kondisi in umumnya terjadi pada salah satu payudara.

Gejalanya payudara membengkak, terdapat benjolan di bagian payudara, dan nyeri. Rasa sakt dan ketidaknyamanan ini mereda setelah ibu menyusui atau memompa ASI. Dan ASI yang keluar tampak lebih kental atau berlemak. Jika kondisi ini dibiarkan, maka pembengkakan akan kian memburuk dan berpotensi memicu infeksi yang disebut mastitis.

Salah satu perawatan yang efektif untuk mengatasi clogged milk ducts adalah tetap berusaha menyusui atau mengeluarkan ASI sembari memberikan stimulasi dan relaksasi. Caranya, dengan memijat ibu, terutama saat sedang menyusui atau memompa. Ketika memijat, mulailah dari bagian luar payudara dan tekan dengan jari-jari menuju area yang sumbat. Pijatan juga bisa dilakukan saat sedang mandi atau berendam.

Saat hendak menyusui, mulailah pada payudara yang mengalam clogged milk ducts lebih dulu karena isapan bayi lebih kuat ketika pertama menyusu. Jangan ragu untuk mengubah posisi saat menyusui. Sebab bisa jadi bayi juga mendapatkan posisi yang pas untuk menyedot ASI lebih dalam, sehingga meredakan sumbatan tadi.