Sarah McBride, Transgender Pertama yang Terpilih jadi Senator di Amerika Serikat

Sarah McBride, transgender pertama yang menjadi senator di Amerika Serikat (Instagram/@sarahmcbride)

profil

Sarah McBride, Transgender Pertama yang Terpilih jadi Senator di Amerika Serikat

Kamis, 5 November 2020 12:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sarah McBride menjadi senator transgender pertama di Amerika Serikat. Dia memenangkan pemilihan senat negara bagian Delaware pada Selasa, 3 November 2020. 

"Saya harap malam ini menunjukkan kepada seorang anak LGBTQ bahwa demokrasi kita juga cukup besar untuk mereka," tulisnya di Twitter, usai pengumuman kemenangannya.

Dalam kampanyenya, dia menyerukan peningkatan pendanaan sekolah, perawatan kesehatan yang terjangkau, pra-taman kanak-kanak universal, dan peningkatan upah minimum.

Ini bukan pertama kalinya McBride membuat sejarah politik. McBride, 30, menjadi berita utama sebagai sarjana di American University ketika dia mengundurkan diri sebagai ketua badan siswa sekolah dan tampil sebagai trans di koran sekolah.

Aktivis Partai Demokrat itu juga menjadi transgender terbuka pertama yang bekerja di Gedung Putih sebagai pegawai magang untuk pemerintahan Presiden Barack Obama, menurut The New York Times. Dan pada 2016, McBride naik ke panggung di Konvensi Nasional Partai Demokrat, menjadi transgender pertama yang berbicara di konvensi partai nasional.

Pada 2013, dia mengadvokasi pengesahan tindakan non-diskriminasi identitas gender Delaware, yang ditandatangani menjadi undang-undang tahun itu. McBride terus memperluas akses ke perawatan kesehatan dan cuti berbayar, meningkatkan upah minimum Delaware, dan mereformasi sistem peradilan pidana.

Alphonso David, presiden dari Kampanye Hak Asasi Manusia, mengatakan McBride membuat sejarah tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi untuk seluruh komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

"Dia memberikan suara kepada yang terpinggirkan sebagai perwakilan dan advokat. Kemenangan ini, yang pertama dari apa yang saya harapkan dalam kariernya, menunjukkan bahwa setiap orang dapat mencapai impiannya, terlepas dari identitas gender atau orientasi seksualnya,” kata David, seperti dilansir CNN.

Tiga tahun sebelum kemenangan McBride, Danica Roem dari Partai Demokrat menjadi legislator transgender pertama di AS yang memenangkan pemilihan di Virginia House of Delegates.

HARPER'S BAZAAR | CNN