Resep Hari Ini: Mujair Cobek ala Susi Pudjiastuti

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Resep Mujair Cobek ala Susi Pudjiastuti. (Tangkapan layar #SusiVlog di Youtube)

Resep Mujair Cobek ala Susi Pudjiastuti. (Tangkapan layar #SusiVlog di Youtube)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSusi Pudjiastuti berbagi resep Mujair Cobek melalui kanal YouTube. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini menunjukkan ikan mujair yang dikembangkan di kolam organik miliknya. Dua kali sepekan dia sellau menyediakan menu makan berbahan ikan mujair, belanak, atau lele di rumah.

"Inilah ikan mujair atau bahasa pasarnya tilapia. Tidak perlu beli ikan dori apalagi yang impor," ujar Susi Pudjistuti. "Ikan dori impor berbahaya karena banyak mengadung zat kimia supaya bobotnya bertambah dari 60 gram jadi 100 gram. Jadi hati-hati."

Setelah memberikan penjelasan tentang ikan mujair, Susi Pudjiastuti memulai persiapan memasak Mujair Cobek. Dia sudah menyiapkan beberapa ekor ikan mujair yang sudah dibersihkan, dibelah, lalu dibakar. "Saya senang cobek karena tidak perlu dimasak. Jadi ikannya cuma dibakar dilengkapi santan mentah yang dipanaskan sampai agak mendidih supaya tidak cepat basi," ucap Susi.

Susi Pudjiastuti membuat menu makanan dari mujair, yaitu Mujair Cobek. (Tangkapan layar #SusiVlog di Youtube)

Seusai membakar ikan mujair dengan api sedang, langkah selanjutnya adalah membuat bumbu di atas cobek. Susi Pudjiastuti memasukkan beberapa cabai, bawang merah, dan bawang putih yang sudah dibakar. "Cabai dibakar untuk menghindari bau langu," katanya. Tak lupa dia menambahkan sedikit jahe dan garam, lalu diulek seusai selera.

Susi Pudjiastuti tak terlalu suka bumbu yang halus. Dia memilih hasil ulekan bumbu yang sedikit kasar. Setelah itu, tambahkan santan sedikit, masukkan ikan sambil dipenyet, masukkan santan sedikit, balik ikan, tapi jangan sampai lembek.

Untuk lebih jelasnya, berikut bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat Mujair Cobek ala Susi Pudjiastuti:

  • Bahan:


    - Ikan mujair

    - Bawang merah secukupnya

    - Bawang putih secukupnya

    - Cabai rawit besar secukupnya

    - Jahe secukupnya

    - Santan

    - Garam


  • Cara membuat:

    - Bersihkan ikan mujair lalu bakar di atas api sedang sampai kering

    - Bakar bawang merah, bawang putih, jahe dan cabai besar, lalu ulek di atas cobek. Anda bisa menambah beberapa cabai rawit besar mentah. Ulek sesuai konsitensi yang diinginkan

    - Tambahkan garam lalu santan sedikit, aduk rata.

    - Masukkan ikan sambil dipenyet2, lalu tambahkan santan sambil membolak-balikkan ikan agar bumbu meresap.

    - Sajikan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."