Pertolongan Pertama Atasi Mimisan, Duduk Tegak hingga Kompres Dingin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Mimisan.

Mimisan.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang kerap panik saat terjadi mimisan atau tiba-tiba keluar darah dari hidung. Pemicunya beragam, mulai dari kebiasaan mengupil, menarik atau mengembuskan napas terlalu keras, atau bagian dalam hidung yang terlalu kering karena perubahan suhu udara. Bagaimana mengatasinya? 

Kebanyakan orang memilih untuk berbaring, mendongakkan kepala ke belakang, atau menyumpal lubang hidung dengan tisu. Padahal, cara tersebut kurang tepat. Alih-alih menghentikan perdarahan, cara tersebut akan membuat darah tetap keluar dari hidung.

Simak Pertolongan Pertama Mimisan dengan Tepat dan Cepat

1. Duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan

Duduk tegak dapat mengurangi tekanan darah di pembuluh darah hidung. Dengan ini, Anda dapat mencegah darah semakin banyak keluar dari hidung.

Kemudian, mencondongkan tubuh ke depan dapat membantu mencegah darah kembali masuk ke hidung atau saluran napas, atau tertelan, yang dapat menyebabkan iritasi pada perut. Kalau Anda berbaring, darah justru bisa masuk kembali dan berisiko menyumbat jalan napas.

2. Mencubit cuping hidung

Masih dalam posisi duduk tegak, pertolongan pertama mimisan berikutnya adalah dengan mencubit cuping hidung. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk mencubit cuping hidung selama 10-15 menit. Selama itu, Anda bisa mencoba bernapas melalui mulut. Mencubit cuping hidung bertujuan untuk memberikan tekanan pada titik perdarahan di septum hidung sehingga darah dapat berhenti mengalir.

Jika darah tetap keluar dari hidung setelah 10-15 menit pertama, ulangi mencubit cuping hidung pada 10-15 menit berikutnya. Namun, apabila darah dari hidung tetap keluar walaupun sudah mencubit cuping hidung berulang, segera cari pertolongan medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Gunakan kompres dingin

Anda bisa menggunakan kompres dingin pada hidung agar darah lebih cepat berhenti. Tetapi, jangan langsung menempelkan es batu ke hidung, ya. Bungkus es batu dengan handuk atau kain lembut, kemudian tempelkan ke hidung untuk menghentikan mimisan.

4. Oleskan Petroleum Jelly

Sebaiknya, tetap posisikan diri Anda duduk tegak dan tidak berbaring untuk mengurangi tekanan darah di pembuluh darah hidung. Dengan ini, darah mimisan dapat berhenti dengan segera. Anda juga bisa mengoleskan petroleum jelly ke bagian dalam hidung dengan lembut menggunakan kapas atau jari tangan Anda guna mencegah perdarahan berulang.

5. Semprotkan dekongestan

Jika setelah melakukan langkah di atas dan perdarahan kembali terjadi, tiuplah dengan kuat untuk membersihkan hidung Anda dari pembekuan darah. Lalu, semprotkan kedua sisi hidung menggunakan semprotan hidung dekongestan yang mengandung oxymetazoline. Selain itu, Anda bisa kembali mencubit cuping hidung seperti langkah pertolongan pertama mimisan sebelumnya.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."