Aliya Rajasa Unggah Dua Foto Pakai Sanggul: Mbakyu atau Ayuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aliya Rajasa unggah dua fotonya memakai sanggul berbeda di Instagram pada Rabu, 16 September 2020. Instagram.com/@ruby_26

Aliya Rajasa unggah dua fotonya memakai sanggul berbeda di Instagram pada Rabu, 16 September 2020. Instagram.com/@ruby_26

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aliya Rajasa unggah dua foto dirinya bersanggul di Instagram pada Rabu, 16 September 2020. Kedua foto beda busana dan model sanggul itu ditampilkan secara bersebelahan. Di foto sebelah kiri, istri Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas itu terlihat memakai kebaya brokat hijau lime lengkap dengan sanggul besar ala Jawa. Sementara di foto sisi kanan, ia mengenakan kebaya merah tua dengan sanggul di bagian atas rambut khas Palembang.

Kedua tampilan itu seakan mewakili dirinya. Seperti diketahui, kedua orang tua Aliya Rajasa berasal dari Palembang. Lalu, sejak menikah dengan Ibas pada 24 November 2011, Aliya kerap berbusana khas Jawa. Saat menilik Instagram-nya, ibu tiga anak itu terbilang apik dalam padu padan busana dua daerah tersebut di berbagai kesempatan.

Kembali ke soal tampilan sanggul, di keterangan foto Instagram, ia bertanya kepada pengikutnya lebih cocok tampilan yang mana. "Jadi “mbakyu” atau “Ayuk” yhaaaa, cocok manaaaa," tanyanya.

Sebagai informasi, mbakyu merupakan panggilan untuk kakak perempuan, saudara perempuan, perempuan lain yang lebih tua dalam bahasa Jawa. Sementara Ayuk dalam bahasa Palembang juga bermakna sama, yaitu kakak perempuan atau perempuan lain yang lebih dewasa.

Warganet pun merespons pertanyaan Aliya dengan jawaban yang hampir serempak. Kebanyakan dari mereka menyebut Aliya cocok tampil dengan gaya sanggul Jawa ataupun Palembang. "Jadi mbayu cantik, jadi ayuuk jugo samo bae tetap cantik yuk," tulis akun @ratri_buncha.

Selain mengajak para pengikutnya di Instagram agar gemar berpenampilan dengan adat budaya masing-masing, ia juga menyampaikan apresiasi kepada orang-orang yang senantiasa membantunya.

"Thank you @andisyameutia anaknya bu @marlenehariman yang selalu siap dandanin aku di waktu-waktu mepet kita nah kalau rambut sanggul ala Jawa dan sanggul ala Palembang memang berbeda, tapi thanks to @pennyhairdo yang selalu bisa bikin rambut sanggul ala apapun dari segala daerah- modern dan tradisional sampai futuristic dia bisa," imbuhnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."