Selain Selalu Curigai Pasangan, Ini 4 Ciri Cemburu yang Merusak Hubungan

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Rawpixel.com

cinta

Selain Selalu Curigai Pasangan, Ini 4 Ciri Cemburu yang Merusak Hubungan

Selasa, 15 September 2020 09:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Rasa cemburu seperti parasit egois yang akan menggerogoti kebahagiaan Anda, juga berisiko merusak hubungan percintaan. Bila tidak ingin hubungan Anda menderita karena cemburu, Anda harus mulai memperhatikan ciri-cirinya sebelum terlambat.

Ada banyak ciri kecemburuan yang mungkin memaksa Anda untuk mempertanyakan diri sendiri dan perilaku Anda terhadap pasangan. Anda mungkin merasa rasional di satu titik dan tidak rasional di titik lain, itulah mengapa penting bagi Anda untuk berpikir matang-matang sebelum bersikap, berucap, dan mengambil keputusan.

5 Ciri Cemburu yang Bisa Merusak Hubungan Melansir Laman Pinkvilla

1. Terbiasa mengecek ponsel pasangan

Awalnya, cemburu ditandai dengan memeriksa ponsel pasangan Anda beberapa kali. Lama-kelamaan berubah menjadi kebiasaan sehingga Anda tak bisa lepas dari mencari tahu riwayat telepon, pesan, dan media sosialnya. Jika itu yang terjadi, maka ini bukan hanya merupakan tanda kecemburuan tetapi juga karena tidak mempercayai mereka.

2. Mengawasi semua yang dilakukan pasangan

Anda mencoba untuk mengontrol siapa yang berbicara dengan pasangan atau Anda mengawasi semua yang mereka lakukan, maka itu bisa menjadi masalah besar. Tidak ada yang suka bersama seseorang yang mencoba mengendalikannya. 

3. Mencurigai aktivitasnya termasuk pekerjaan

Kecemburuan dapat berasal dari apa pun yang seolah-olah merenggut pasangan dari Anda, termasuk pekerjaan. Jika setiap kali pasangan pulang terlambat dari kantor dan Anda menyerang  dengan pertanyaan yang tak ada habisnya, maka Anda harus berhenti. Hal itu bisa merusak kepercayaan dan menganggu hubungan.

4. Manipulasi situasi  

Setiap kali pasangan mencoba untuk menghadapi Anda, dengan sigap Anda mencoba memanipulasi situasi dengan berbohong sebagai upaya untuk menjaga pasangan di sisi Anda. Menurut Anda apa yang akan terjadi ketika mereka menemukan kebenaran? Satu-satunya orang yang akan terlihat buruk dalam situasi seperti itu adalah Anda sendiri.

5. Melibatkan orang lain

Anda menyalahkan orang lain untuk membenarkan kecemburuan. Anda mencoba sekuat tenaga untuk memanipulasi situasi untuk melindungi apa tutupi.

NIA PRATIWI