Tahukah Kamu Beberapa Produk H&M Terbuat dari Serat Botol Plastik Aqua

Ilustrasi baju anak yang dibuat dari botol bekas, Bottle2Fashion, oleh H&M and AQUA/H&M and AQUA

mode

Tahukah Kamu Beberapa Produk H&M Terbuat dari Serat Botol Plastik Aqua

Minggu, 13 September 2020 09:47 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Buat kamu yang suka memakai produk label H&M perlu tahu kalau beberapa item fashion yang dijual terbuat dari serat botol plastik air mineral merek Aqua. Produk busana yang mengandung serat botol plastik ini adalah koleksi pakaian anak-anak yang dijual di situs dan gerai H&M di Eropa, Amerika Serikat, Asia, Afrika, dan Australia.

Baca juga: Koleksi Eksklusif H&M Conscious, Komitmen untuk Jaga Lingkungan

Senior Sustainable Packaging Manager Danone Indonesia, Ratih Anggraeni mengatakan kolaborasi penggunaan serat botol plastik Aqua menjadi produk busana H&M merupakan solusi mengatasi dan mengedukasi masyarakat tentang sampah plastik. "Inisiatif Bottle2Fashion ini hadir dengan kampanye 'Cleaning-Up for the Future'," kata Ratih dalam keterangan tertulis, Sabtu 12 September 2020.

Di Indonesia, koleksi busana yang terbuat dari serat botol plastik Aqua ini tersedia di laman ID.HM.COM dan 12 gerai H&M yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, dan Bali. Ratih menjelaskan inisiatif tersebut sudah ada sejak 2017 bersamaan dengan peresmian Alliance for Marine Plastic Solutions Forum atau AMPS oleh Kementeriaan Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Inisiatif Bottle2Fashion ini juga menjadi upaya mendukung program pemerintah mengurangi 70 persen sampah di lautan pada tahun 2025 serta menekan pencemaran plastik hingga mendekati nol pada tahun 2040. "DanoneAqua berhasil mengumpulkan 129 ton botol plastik bekas dari Kepulauan Seribu dan pesisir Jakarta," kata Ratih. "Ini wujud nyata mencegah sampah plastik masuk ke lautan."

Berita terkait: Koleksi Musim Panas H&M Ada Bahan Pakaian Ramah Lingkungan

Prosesnya, masyarakat memilah sampah dan mengumpulkan sampah botol plastik Aqua ke bank sampah terdekat. Dari situ botol-botol pastik tersebut dibawak ke Recycling Business Unit atau RBU dampingan DanoneAqua di Tangerang Selatan untuk dipilah, dicacah, dan dibersihkan. Serpihan botol plastik itu kemudian dikirim ke fasilitas produksi H&M Indonesia untuk diproses menjadi serat poliester dan diubah menjadi berbagai produk busana.

"Koleksi pakaian anak berbahan dasar hasil daur ulang botol plastik bekas ini juga merupakan upaya mencapai ambisi H&M untuk 100 persen menggunakan material daur ulang dan berkelanjutan pada tahun 2030," kata Communications Manager H&M Indonesia, Karina Soegarda.