Koleksi Eksklusif H&M Conscious, Komitmen untuk Jaga Lingkungan

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 11 April 2019 14:11 WIB
Koleksi Eksklusif H&M Conscious, Komitmen untuk Jaga Lingkungan

CANTIKA.COM, Jakarta - Fashion salah satu industri yang paling banyak menghasilkan polusi di dunia. Karena itu, tren sustainable fashion atau mode berkelanjutan semakin membesar. Berbagai produk dan merek memutuskan untuk membuat busana dengan bahan dan proses yang lebih ramah lingkungan. Merek H&M dari Swedia menjadi salah satu merek yang berusaha membuat mode berkelanjutan, dengan koleksi eksklusif H&M Conscious, yang menggunakan berbagai inovasi baru.

Baca juga: Cara H&M Mendaur ulang Pakaian Bekas Menjadi Baru

Inovasi terbarunya adalah menggunakan limbah untuk membuat bahan busana. Yang pertama adalah Piñatex, yang menjadi alternatif bahan kulit. Bahan ini adalah hasil temuan Dr. Carmen Hijosa dari merek Brasil, Ananas Anam dan terbuat dari serat selulosa yang diekstrak dari daun nanas.  

Koleksi H&M Conscious terbaru, menggunakan daun buah nanas, di H&M Showroom, Jakarta Selatan, Kamis 4 April 2019.Tempo/Astari P Sarosa

Bahan lain yang menjadi inovasi terbaru H&M adalah Bloom Foam, busa fleksibel yang terbuat dari tanaman menggunakan biomassa alga dari laut. Bahan ini digunakan untuk mengganti bahan karet yang ada di sandal, dan untuk satu pasang sandal sudah membantu membersihkan 112 liter air. Terakhir, H&M juga membuat busana menggunakan bahan Orange Fiber. Bahan ini menghasilkan kain yang mirip sutra, terbuat dari kulit jeruk dan ampas jus jeruk.

Koleksi H&M Conscious terbaru, menggunakan fiber dari kulit jeruk, di H&M Showroom, Jakarta Selatan, Kamis 4 April 2019. Tempo/Astari P Sarosa

“Ada juga aksesoris yang kita punya itu dari plastik daur ulang dan baju renang juga dari bahan polyester dan spandex daur ulang. Pokoknya koleksi ini semuanya daur ulang,” jelas Cindy Joanna, H&M Showroom Responsible, di Jakarta Selatan, Kamis 4 April 2019.

Koleksi H&M Conscious terbaru, menggunakan bahan daur ulang, di H&M Showroom, Jakarta Selatan, Kamis 4 April 2019. Tempo/Astari P Sarosa

Koleksi eksklusif ini terinspirasi dari keindahan alam di sekitar kita dari proses pembuatannya sudah menunjukkan pentingnya alam bagi kesejahteraan kita. Dengan gaya bohemian, warna-warna yang dominan di dalam koleksi ini cukup halus, seperti lavender, biru dan merah muda karang, dipadukan dengan warna hitam, emas dan perak. Ada 28 busana dan aksesoris dalam koleksi ini, dari jaket “kulit” sampai atasan gaya korset off-the-shoulder yang cantik. Koleksi yang hanya ada di gerai Grand Indonesia mulai 11 April 2019, dijual dari harga Rp 349 ribu hingga Rp 599 ribu.

Koleksi H&M Conscious terbaru, menggunakan bahan daur ulang, di H&M Showroom, Jakarta Selatan, Kamis 4 April 2019. Tempo/Astari P Sarosa

Merek internasional ini berkomitmen untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan untuk semua busana yang mereka jual pada tahun 2030. Selain dari inovasi-inovasi terbaru, H&M juga menanam pohon sebagai cara untuk menjaga lingkungan. “H&M punya hutan sendiri di Australia. Jumlah pohon yang kita tanam, sama dengan yang kita tebang,” lanjut Cindy. Beberapa toko juga menerima busana bekas dan akan memberikan diskon untuk pembeli yang membawa beberapa busana bekas. Sekarang, 57 persen dari busana yang dibuat merek ini sudah menggunakan material yang ramah lingkungan.