5 Manfaat Kapur Tulis dari Hilangkan Noda Lemak dan Bau Tak Sedap

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kapur tulis (pixabay.com)

Ilustrasi kapur tulis (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kapur tulis salah satu alat tulis belajar mengajar di sekolah yang populer di zamannya hingga era 90-an. Meskipun sudah jarang ditemukan saat ini, kapur tulis masih kerap digunakan di beberapa sekolah atau bimbingan belajar di wilayah pelosok Indonesia. Ternyata manfaat kapur tulis tak hanya untuk menulis di kegiatan belajar dan membuat pengumuman, tetapi juga berkhasiat untuk mengatasi sejumlah masalah yang terjadi di rumah. Mulai dari menghilangkan noda lemak hingga mengilapkan peralatan makan yang terbuat dari perak. 

Melansir dari laman Times of India, berikut ini beberapa khasiat kapur tulis untuk kehidupan sehari-hari.

1. Menghapus noda lemak

Apakah Anda suka makanan cepat saji yang berlemak? Tentu Anda takut itu jatuh dan mengenai pakaian putih atau warna terang terang lainnya. Jika hal itu terjadi, hal yang Anda perlukan untuk memperbaikinya adalah dengan mengoleskan kapur pada noda dan menunggu 10 menit sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Kapur menyerap noda minyak.

2. Menjaga baju putih

Ini adalah salah satu manfaat kapur yang paling mengejutkan. Kerah dan ujung lengan kemeja selalu sangat sulit untuk dibersihkan. Jadi, gosokkan bagian tersebut dengan kapur sebelum memakainya.  

3. Memperbaiki noda di dinding dengan cepat

Setelah sekian lama, dinding cenderung memiliki noda membandel yang tidak diinginkan. Cara termudah untuk memperbaiki noda dengan cepat adalah dengan mengoleskan kapur pada noda-noda itu. Anda dapat menggunakan kapur pada retakan kecil dan goresan di dinding Anda juga dan menghilangkannya.

4. Mempertahankan kilau perak peralatan makan dan lainnya

Jika peralatan dan perak bersentuhan dengan kelembapan, mereka kehilangan kilau dan berubah menjadi hitam. Salah satu cara termudah untuk mencegah hal ini adalah menempatkan kapur di dalam kotak perak atau laci peralatan. Ganti kapur saat dibutuhkan.

5. Mencegah bau tak sedap di lemari pakaian

Lemari pakaian yang terbuat dari kayu kayu dan bahan lainnya, akan menimbulkan bau bau apek. Alih-alih menggunakan pewangi lemari yang berbahaya, Anda bisa menggunakan kapur. Karena sifatnya yang sangat keropos, kapur mampu menyerap jamur dan bau tak sedap.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."