Mengenal Kim Jones, Direktur Artistik Baru Fendi yang juga Bekerja untuk Dior

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kim Jones menggantikan Karl Lagerfeld sebagai Direktur Artistik Fendi. (Instagram/@fendi)

Kim Jones menggantikan Karl Lagerfeld sebagai Direktur Artistik Fendi. (Instagram/@fendi)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rumah mode Fendi umumkan Kim Jones sebagai direktur artistik pada Rabu, 9 September 2020. Kim Jones menggantikan Karl Lagerfeld yang mengabdi selama 54 tahun sampai meninggal pada 19 Februari 2019. 

Sebagai direktur artistik, Kim Jones tidak hanya akan bertanggung jawab untuk mendesain pakaian siap pakai wanita, tetapi juga haute couture dan koleksi bulu.

Perancang Inggris berusia 46 tahun memulai kariernya di Central Saint Martins, ia punya merek kultus sendiri untuk sementara waktu. Ia bekerja di Louis Vuitton selama tujuh tahun sebagai perancang busana pria sebelum ditunjuk sebagai direktur kreatif Dior Men's pada 2018.

Di kedua rumah mode milik perusahaan raksasa LVMH itu, Kim Jones memadukan gaya pakaian jalanan dengan pakaian tradisional yang berhasil menarik konsumen baru yang lebih muda. Hypebeast pernah memanggilnya "mesias pakaian pria".

Di bawah arahannya, Loius Vuitton meluncurkan hasil kolaborasi dengan brand Supreme. Sementara saat bekerja dengan Dior, ia berkolaborasi dengan Nike untuk sepatu Jordan, dan baru-baru ini dengan Stussy.

Pakaian wanita adalah hal baru baginya, tetapi, seperti Matthew Williams, yang baru-baru ini ditunjuk LVMH sebagai kepala Givenchy, ia adalah seorang desainer yang gayanya bisa sangat feminin. Karyanya sudah banyak dikenakan perempuan selebriti,  termasuk Bella Hadid, Naomi Campbell, dan Kate Moss.

"[Jones] terus membuktikan kemampuannya untuk beradaptasi dengan kode dan warisan rumah LVMH sambil mengunjunginya kembali dengan modernitas dan keberanian yang besar," kata kepala eksekutif LVMH Bernard Arnault dalam sebuah pernyataan.

“Di Fendi, saya yakin bahwa visi dan semangatnya akan sangat berkontribusi pada kesuksesan koleksi wanita.”

Silvia Venturini Fendi, satu-satunya anggota keluarga yang tersisa di merek mode asal Italia tersebut, menyampaikan "sambutan terhangat" untuk Jones dalam rilisnya. Ia mengungkapkan bahwa keduanya sudah terikat oleh rasa hormat yang dalam dan persahabatan.

Venturini Fendi tumbuh di bawah didikan Karl Lagerfeld. Ia juga sempat mengambil perannya setelah wafatnya sang desainer.

“Saya berharap untuk [membawa] Fendi ke tingkat berikutnya bersamanya (Jones),” ucapnya.

Seperti Lagerfeld sebelumnya, Kim Jones juga akan menangani dua pekerjaan besar sekaligus, mempertahankan posisinya di Dior di Paris dan juga mendesain untuk Fendi.

“Bekerja di dua rumah bergengsi seperti itu adalah kehormatan sejati sebagai seorang desainer, dan untuk dapat bergabung dengan rumah mode Fendi serta melanjutkan pekerjaan saya di Dior Men's adalah hak istimewa yang besar,” ungkap Kim Jones dalam sebuah pernyataan.

Karya pertama Kim Jones di Fendi akan ditampilkan di Milan Fashion Week pada Februari 2021.  

MILA NOVITA | THE CUT | WWD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."