Kenali Sebab Rambut Lepek serta Solusinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut lepek salah satu masalah rambut yang kerap dialami perempuan. Selain cenderung bau, rambut lepek juga membuat penampilan jadi tidak optimal. Lantas, apa pemicu rambut lepek?

"Biasanya keringat dan kotoran menempel pada kulit kepala, ditambah produksi minyak berlebih sehingga rambut menjadi lepek," kata Senior Research & Development Manager Hair Dove Indonesia, Christina Yusuf, dalam acara daring Dove Super Class Launch “Ubah Stuck jadi Super Kreatif, Rabu, 9 September 2020.

Menurut dia, menjaga kebersihan rambut salah satunya melalui keramas akan membuat rambut lebih bervolume dan mencegahnya lepek.

"Rambut bersih tampak lebih bervolume dibanding rambut kotor yang berminyak. Keramas setiap hari tidak masalah, bila menggunakan sampo dengan formulasi lembut," ujar Christina.

Selain rambut lepek, masalah lain yang juga dialami kebanyakan perempuan ialah rambut rontok dan berketombe. Rambut rontok biasanya diawali masalah pada lapisan kutikula yang jika terus didiamkan akhirnya lapisan itu terekspos keluar dan terjadilah rambut bercabang yang berujung rontok karena patah.

"Biasanya awalnya rambut terasa kering, kusut, gampang kaku," ungkap Christina.

Sementara masalah rambut dengan ketombe umumnya bisa karena jamur dan produksi minyak berlebih ditambah adanya kerentanan individu.

Saat kulit kepala sedang lemah lalu mendapat serangan jamur atau produksi minyak berlebih, maka mulai terjadi peradangan yang menyebabkan kulit kepala menjadi kering, terasa gatal lalu muncul ketombe.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."