Pakai Masker yang Tepat, Sisi Berwarna Hijau di Luar atau di Dalam?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita memakai masker. Freepik.com/Svetlanasokolova

Ilustrasi wanita memakai masker. Freepik.com/Svetlanasokolova

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masih ada orang yang keliru saat memakai masker medis. Ada yang memakai sisi yang berwarna hijau atau biru di bagian depan, ada yang memakainya di bagian belakang. Padahal warna sisi masker itu bertujuan membedaan penggunaannya.

Mengutip laman Sehatq, cara tepat memakai masker adalah sisi berwarna hijau atau biru di luar dan bagian masker yang berwarna putih di dalam. Terlepas pengguna masker sedang sakit atau dalam keadaan sehat, hanya satu ini metode memakai masker medis yang benar.

Sisi masker berwarna putih bersifat sebagai penyaring. Ketika pengguna masker sedang pilek, flu, atau batuk, sisi berwarna putih berfungsi mencegah penyebaran virus atau bakteri penyebab penyakit. Sementara pengguna masker medis yang dalam keadaan sehat, maka sisi berwarna putih akan melindunginya dari paparan mikroorganisme yang berasal dari luar.

Ilustrasi wanita pakai masker sambil bekerja. Freepik.com

Sisi masker yang berwarna putih terbuat dari bahan yang dapat menyerap. Tujuannya, mengatasi rasa tidak nyaman dan lembap saat bernapas seraya memakai masker. Sebaliknya, sisi masker berwarna hijau atau biru terbuat dari material yang tidak mudah menyerap. Jika memakai masker dengan sisi berwarna hijau atau biru di dalam, maka penggunanya akan merasa tidak nyaman saat bernapas.

Jadi, lupakan anggapan bahwa orang yang sakit yang memakai masker medis harus menempatkan sisi berwarna hijau atau biru di luar dan bagian berwarna putih di dalam. Sebaliknya jika pengguna masker dalam kondisi sehat. Ini adalah mitos.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."