10 Gejala Umum Demensia Alzheimer

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Menangkal Serangan Alzheimer

Menangkal Serangan Alzheimer

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi kamu yang tinggal dengan orang tua, sebaiknya ketahui kondisi kesehatan mereka. Sebab jika ada satu orang di rumah yang mengalami demensia alzheimer, maka kondisi di rumah dapat berubah.

Regional Director Asia Pacific Alzheimer's Disease International, DY Suharya mengatakan apabila ada orang tua, kakek, nenek di rumah yang sering lupa di mana menaruh kacamatanya, segera cek fungsi kognitif otaknya.

"Sebagaimana tagline kami dari 2013, yakni jangan maklum dengan pikun," kata Suharya yang juga pendiri Alzheimer Indonesia dalam diskusi 'Pandemi, Kesehatan Mental dan Demensia' pada Jumat, 4 September 2020.

Suharya menjelaskan sepuluh gejala umum orang yang mengalami demensia alzheimer. Berikut ini ulasannya:


  1. Gangguan Daya Ingat


    Sering lupa peristiwa yang barusaja terjadi, lupa janji menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, lupa tempat parkir di mana (dalam frekuensi tinggi)


  2. Sulit Fokus


    Sulit melakukan aktivitas aktivitas, pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, mengoperasikan telepon, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.


  3. Sulit Melakukan Kegiatan yang Familiar


    Sering kali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, sulit mengatur keuangan.


  4. Disorientasi


    Bingung akan waktu (tanggal, hari-hari penting), bingung di mana mereka berda dan bagaimana mereka sampai di sana. Tidak tahu jalan pulang kembali ke rumah.


  5. Kesulitan Memahami Visuospasial


    Sulit untuk membaca, mengukur jarak, membedakan warna, membedakan sendok atau garpu, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, menabrak cermin, menuangkan air di gelas namun tumpah dan tidak tepat penuangannya.


  6. Gangguan Berkomunikasi


    Kesulitan bicara dan mencari kata yang tepat untuk menjelaskan suatu benda, seringkali berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.


  7. Menaruh Barang Tidak pada Tempatnya


    Lupa di mana meletakkan sesuatu, bahkan kacang curga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.


  8. Salah Membuat Keputusan


    Berpakaian tidak serasi, memakai kaos kaki berbeda antara kiri dan kanan, tidak dapat merawat diri dengan baik, tidak dapat memahami jumlah uang yang perlu dibayar dalam bertransaksi.


  9. Menarik Diri dari Pergaulan


    Tidak memiliki semangat atau inisiatif untuk beraktivitas atau menjalani hobi seperti biasa. Tidak terlalu bersemangat untuk bersosialisasi.


  10. Perubahan Perilaku dan Kepribadian


    Emosi berubah secara drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut atau tergantung yang berlebihan kepada anggota keluarga, mudah kecewa, marah, dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."