Cek Menu Makan IU Saat Diet, Seminggu Turun 5 Kilogram

Artis Korea Lee Ji Eun atau IU. Instagram

kesehatan

Cek Menu Makan IU Saat Diet, Seminggu Turun 5 Kilogram

Senin, 7 September 2020 11:02 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Korea IU harus menjaga penampilan dan kebugaran tubuh. Dia memiliki pola diet yang cukup ekstrem karena dapat menurunkan bobot tubuhnya sebanyak 5 kilogram dalam tempo seminggu.

Diet ala penyanyi Lee Ji-eun atau IU ini mulai tren di tahun 2019. Lantas, seperti apa pola dietnya dan apa yang dikonsumsi?

Saat diet ketat, IU hanya boleh sarapan dengan satu butir apel. Makan siangnya dua butir ubi, dan makan malam dengan segelas susu protein. Diet seperti ini sejatinya hanya dapat dilakukan dalam tiga hari. Tapi IU menjalaninya hingga satu minggu. Hasilnya, berat badan IU turun hingga 5 kilogram hanya dalam satu minggu.

Sekarang, mari kita hitung jumlah kalorinya. Total kalori yang masuk ke tubuh IU dalam sehari hanya sekitar 500 kalori, sedangkan wanita dewasa pada umumnya membutuhkan 1.500 sampai 3.000 kalori dalam sehari. Ahli gizi menyatakan diet seperti IU ini boleh saja dilakukan hanya dalam jangka waktu pendek, yakni tiga hari tadi.

Lee Ji Eun atau IU menangkan Daesang 2018 (Allkpop)

Apabila dilakukan terus-menerus, maka diet dengan defisit kalori yang terlalu jauh justru ini bakal berbalik membahayakan tubuh. Biasanya IU menerapkan diet tersebut saat hendak pemotretan, syuting, atau konser. Dan tentunya IU berkonsultasi dengan dokter sebelum dan selama menerapkan diet ini.

Diet seperti IU ini akan membuat tubuh kekurangan karbohidrat dan protein sebagai sumber energi. Mengurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat memang direkomendasikan saat ingin menurunkan berat badan. Namun, perubahan yang sangat drastis dalam pola makan akan mengubah metabolisme tubuh karena karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama.

Karbohidrat merupakan adalah zat yang paling mudah dibakar menjadi kalori. Dalam jangka pendek, kekurangan karbohidrat akan membuat Anda merasa pusing, mual, konstipasi, dehidrasi, merasa lemas, lesu, dan tidak bertenaga, kehilangan selera makan, sampai napas berbau tak sedap.

Selain kehilangan sumber energi utama berupa karbohidrat, diet ala IU berakibat pada kurangnya asupan protein karena hanya berasal dari susu di malam hari. Padahal protein bermanfat untuk membentuk otot, menjaga kesehatan kulit, produksi enzim, dan hormon.

Jadi, jangan nekat atau ikut-ikutan menerapkan diet seperti penyanyi IU jika tidak dipantau oleh dokter atau ahli gizi.

SEHATQ