Vitamin D Bukan Hanya untuk Kesehatan Tulang dan Gigi, Ada 6 Manfaat Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi vitamin dan suplemen. TEMPO/Subekti

Ilustrasi vitamin dan suplemen. TEMPO/Subekti

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masyarakat mengetahui vitamin D sebagai unsur penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun sejatinya bukan dua organ itu saja yang menenguk manfaat dari vitamin D.

Mengutip laman India Times, sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan vitamin D, begitu juga fungsi organ jantung, otot, sampai DNA. Yang paling mudah, dapatkan vitamin D dengan cara berjemur setiap pagi mulai pukul 06.00 sampai 10.00. Durasinya cukup 10 sampai 30 menit saja.

Usahakan sinar matahari langsung menyentuh kulit. Para ahli menyarankan sebaiknya sepertiga kulit terpapar sinar matahari. Musababnya, vitamin D diproses dari kolesterol tubuh dengan bantuan sinar matahari.

Lantas selain tulang dan gigi, fungsi apa saja pada tubuh yang membutuhkan bantuan vitamin D. Berikut ulasannya:

  1. Meningkatkan fungsi otot


    Vitamin D membantu otot berfungsi lebih baik. Otot jadi tak mudah lelah dan lebih lekat atau liat.


  2. Menurunkan nafsu makan


    Bagi yang sedang diet, sangat disarankan memiliki asupan vitamin D yang cukup untuk merangsang produksi leptin. Ini adalah hormon yang memberi sinyal ke otak bahwa perut sudah kenyang.


    Sebuah penelitian dari Universitas Aberdeen di Skotlandia mendapati wanita dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) yang tinggi memiliki kadar vitamin D yang rendah. Dari situ peneliti menduga ada hubungan antara kekurangan vitamin D dengan kelebihan berat badan.


  3. Mencegah flu


    Sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan sebanyak 167 siswa sekolah dasar yang diteliti sering sakit flu karena kekurangan vitamin D. Dengan begitu, ada kaitan antara kecukupan vitamin D dengan flu.


  4. Melindungi DNA


    Vitamin D bertanggung jawab atas sedikitnya 2.000 gen dalam tubuh. Dengan begitu, kecukupan vitamin D membantu melindungi DNA dari kerusakan.


  5. Menurunkan risiko sakit jantung


    Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Circulation pada 1793 menyatakan kekurangan vitamin D berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.


  6. Menurunkan tekanan darah


    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Jantung Amerika menemukan fakta bahwa kekurangan vitamin D pada wanita pramenopause menaikkan risiko menderita tekanan darah tinggi.



YAYUK WIDIYARTI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."