8 Manfaat Bercinta di Pagi Hari, Bikin Awet Muda hingga Redakan Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang memilih bercinta di pagi hari atau morning sex. Salah satu alasannya energi mereka sudah habis setelah seharian bekerja maupun mengurus rumah sehingga bercinta di malam hari tidak lagi terasa menggairahkan. 

Bercinta di pagi hari tentunya dilakukan saat tubuh kembali bugar setelah istirahat semalaman. Bukan tidak mungkin, orgasme justru akan tercapai ketika melakukan morning sex. Gairah biasanya muncul ketika pikiran Anda tenang dan rileks. 

Sejumlah manfaat bercinta di pagi hari menurut sains

1. Mempererat ikatan dengan pasangan

Bercinta di pagi hari dapat membuat hubungan Anda dengan pasangan semakin dekat. Hal ini terjadi karena seks menghasilkan oksitosin, hormon di otak yang mengontrol ikatan dan cinta. Hormon oksitosin akan dilepaskan ketika berhubungan seks sehingga membuat Anda merasa lebih terhubung dengan pasangan.

2. Menambah imunitas

Penelitian yang dirilis pada tahun 2015 menemukan bahwa bercinta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Bercinta di pagi hari memicu imunitas alami tubuh Anda terhadap bakteri, virus, dan kuman lainnya.

3. Membuat wajah terlihat lebih muda

Beberapa ahli berpendapat bahwa bercinta merupakan kunci untuk membuat Anda terlihat lebih muda. Hal ini terjadi karena seks melepaskan hormon oksitosin, beta-endorfin, dan molekul anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan, bercinta tiga kali seminggu dapat membuat Anda terlihat beberapa tahun lebih muda dari orang yang jarang melakukannya.

4. Meredakan stres

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010, aktivitas menyenangkan seperti bercinta  di pagi hari dapat menurunkan kadar hormon stres Anda. Jika dilakukan, aktivitas ini dapat membuat Anda bersemangat untuk menjalani hari.

5. Memperbaiki suasana hati

Bercinta di pagi hari menghasilkan endorfin, hormon pereda nyeri ajaib dalam tubuh yang membantu meningkatkan suasana hati. Itulah mengapa Anda biasanya merasa bahagia setelah mencapai klimaks.

6. Membakar kalori

Meski tidak sama besarnya seperti berlari di treadmill selama satu jam, morning sex dapat membakar kalori. Menurut penelitian dari Harvard Medical School, kegiatan ini sama seperti berjalan santai, yaitu membakar sekitar lima kalori per menit.

7. Meningkatkan kemampuan otak

Menurut penelitian, bercinta pagi hari dapat membuat tubuh melepaskan campuran antara neurotransmitter dan hormon dopamin. Hormon ini bermanfaat bagi kesehatan dan fungsi kognitif otak.

8. Membantu keluar dari kebiasaan seks malam hari

Ada gagasan yang tertanam kuat bahwa seks merupakan aktivitas malam hari. Namun, malam hari sering menjadi waktu tidak nyaman untuk berhubungan, terutama setelah melalui hari yang melelahkan dan Anda ingin menghabiskan waktu untuk istirahat. Kini saatnya Anda keluar dari 'pakem' tersebut dan mencoba sensasi bercinta di pagi hari.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."